Fortune Indonesia Summit 2024 Bahas Kolaborasi Manusia-Teknologi

Jakarta (JurnalPagi) – Fortune Indonesia Summit 2024, sebuah wadah untuk Multi-pemangku kepentingan, multi-pemangku kepentingan Melibatkan para pengambil kebijakan dan pelaku bisnis paling berpengaruh di Indonesia, dibuka secara resmi pada 7 Maret 2024 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta.

FORTUNE Indonesia Summit 2024 mempunyai tema Berpikir ke depan, percepatan, dan keberlanjutan.

Saat meresmikan acara tersebut, Managing Director IDN Media Winston Utomo menyampaikan bahwa memulai sebuah bisnis tidak hanya sekedar profit atau pendapatan saja, namun harus memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

“Fortune Indonesia Summit merupakan konferensi bisnis yang menampilkan para pemimpin masa depan Indonesia. Dengan tiga tema besar, Berpikir ke depan, percepatanDan keberlanjutanKami berharap kegiatan ini dapat terlaksana Wawasan, wawasan, wawasan “Penting agar ekosistem dunia usaha di Indonesia semakin maju dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan,” kata Winston.

 

Pidato CEO IDN Media Winston Otomo pada pembukaan FORTUNE Indonesia Summit 2024. (JurnalPagi/HO-Fortune Indonesia)

Pidato pertama bertajuk pada FORTUNE Indonesia Summit 2024 Evolusi Teknologi: Dimana Manusia Berkolaborasi dengan Mesin Membahas perkembangan teknologi yang membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan dan bagaimana mengoptimalkan efisiensi serta inovasi yang dihasilkannya.

Acara ini dihadiri oleh Presiden dan CEO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra dan kepala petugas teknologi Tokopedia Herman Wijaja.

 

Dari kiri ke kanan: Bayo Satito (Koresponden FORTUNE Indonesia), Irfan Setiaputra (President dan CEO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk), Herman Wijaja (Chief Technology Officer Tokopedia). (JurnalPagi/HO-Fortune Indonesia)

Dalam sambutannya, Irfan menyampaikan perlunya menentukan evolusi teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan penumpang.

Irfan mengatakan, “Sebagai industri penerbangan, pelayanan yang membuat penumpang merasa nyaman menjadi hal yang sangat kami tekankan. Oleh karena itu, kami harus selalu tanggap terhadap kebutuhan mereka, termasuk menyediakan layanan WiFi dan hiburan dalam penerbangan.”

Herman juga menekankan pentingnya identifikasi masalah untuk meningkatkan layanan pelanggan melalui penggunaan ilmu data.

“Kami memahami bahwa identifikasi masalah yang akurat merupakan langkah kunci dalam proses inovasi. Kami juga memahami betapa pentingnya layanan pengiriman antar kota dalam memastikan pengalaman berbelanja yang unggul bagi pelanggan kami. Dengan menggunakan data secara cerdas, kami bertekad untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Let’s dukung masyarakat,” kata Herman.

 

Dari kiri ke kanan: Hendra Suprajitno (Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia), Roy Kusasieh (CEO IBM Indonesia), dan Soroso Isnandar (Direktur Manajemen Risiko PT PLN (Persero). (JurnalPagi/HO-Fortune Indonesia)

Pembahasan inspiratif pada FORTUNE Indonesia Summit 2024 kemudian dilanjutkan dengan pembahasan menarik mengenai teknologi kecerdasan buatan atau kecerdasan buatan.

Kepala yang bertanggung jawab, kepala yang membimbing Roy Kusasieh dari IBM Indonesia dan Direktur Manajemen Risiko PT PLN (Persero) Sorosu Isandar turut serta dalam sesi diskusi bertajuk. Menggunakan teknologi dan kecerdasan buatan untuk pengambilan keputusan bisnis strategis.

Diskusi ini menunjukkan bagaimana perusahaan dapat menggunakan teknologi dan data untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam menghadapi tantangan yang kompleks.

Roy menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dan kecerdasan buatan dalam konteks pengembangan perusahaan yang telah diterapkan di IBM Indonesia untuk mendukung pengambilan keputusan strategis.

“Kami telah melihat bagaimana teknologi dan kecerdasan buatan tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, namun juga memberikan wawasan mendalam kepada para pemimpin untuk mengambil keputusan yang lebih bijaksana dan tepat sasaran,” kata Roy.

Penggunaan teknologi dan kecerdasan buatan juga merupakan kunci untuk menghadapi tantangan kompleks dalam industri energi.

“Kami telah menggunakan teknologi untuk memantau lebih dekat jaringan distribusi, menganalisis data konsumsi energi, dan memprediksi kebutuhan energi di masa depan,” kata Esnar.

Dengan pendekatan ini, PLN dapat mengambil keputusan yang lebih akurat dan efisien dalam mengelola infrastruktur energi kritis.

Omar Anwar, CEO IBM Indonesia, pada sesi diskusi FORTUNE Indonesia Summit 2024. (JurnalPagi/HO-Fortune Indonesia)

Sesi FORTUNE Indonesia Summit 2024 kemudian dilanjutkan dengan perbincangan dengan Omar Anwar, CEO IBM Indonesia, Tbk Haryanto T. Budiman, Direktur PT Bank Central Asia dan CEO PT Mowilex Indonesia, Niko Safavi.

Dalam pertemuan bertajuk ESG: Seruan Mendesak untuk BertindakPara pembicara berbagi pandangan mereka tentang bagaimana perusahaan dapat memperkuat komitmen mereka terhadap kelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik untuk menciptakan dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan.

Harianto mengatakan, perusahaan mempunyai tanggung jawab besar untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kami telah mengambil langkah-langkah konkrit untuk memperkuat komitmen kami terhadap ESG. Kami secara aktif mengintegrasikan praktik-praktik ESG ke dalam seluruh aspek operasi kami, mulai dari pengelolaan risiko lingkungan hingga mendukung inisiatif sosial yang berkelanjutan,” kata Harianto.

Dengan pendekatan ini, BCA tidak hanya ingin meraih kesuksesan secara komersial, namun juga menjadi agen perubahan berkelanjutan di masyarakat.

Diskusi inspiratif FORTUNE Indonesia Summit 2024 dilanjutkan dengan Summit Upacara penghargaan Untuk FORTUNE Indonesia 40 Di Bawah 40 Tahun, pengusaha terbaik tahun iniDan mengubah dunia.

Informasi lebih lanjut mengenai acara FORTUNE Indonesia Summit 2024 dapat dilihat melalui website Fortunesummit.fortuneidn.com atau akun Instagram resmi @fortune.idn.

Fortune Indonesia Summit 2024 Ajak Berpikir Ke Depan
Irfaniyaputra Dinobatkan Sebagai ‘Businessman of the Year’ versi Fortune

Koresponden: Natisha Andarningtias
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *