jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Ketua Pengurus Besar Persatuan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) Dr. ujar Pringgudigdo Nugroho, Sp.PD-KGH Firennon Ini adalah obat baru yang dapat membantu mengobati penyakit ginjal kronis (CKD).

“Salah satu obat baru ini bisa membantu memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis,” kata Pringgudigdo pada konferensi pers “Inovasi Terapi untuk Mencegah Peradangan dan Fibrosis pada Pasien GGK dengan Diabetes Tipe 2” di Jakarta.

Dokter penyakit dalam, konsultan ginjal dan tekanan darah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengatakan: Firennon Dapat mencegah peradangan dan fibrosis pada ginjal yang merupakan penyebab utama kerusakan permanen pada struktur ginjal yang menyebabkan gagal ginjal dan cuci darah pada pasien CKD dengan diabetes tipe 2.

Dokter Tegaskan Obat Penurun Tekanan Darah Tidak Menyebabkan Gagal Ginjal

Menurut Pekan Ginjal American Society of Nephrology (US) 2021, pengobatan dengan Firennon Mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit ginjal kronis pada pasien diabetes tipe 2 dan menunjukkan penurunan kebutuhan cuci darah sebesar 36%.

Menurut Pringgodigdo, mengingat prevalensi penyakit ginjal kronis di Indonesia sebesar 0,38 persen atau 3,8 orang per 1.000 penduduk, hal ini merupakan kabar baik, dan menurut penelitian kesehatan primer (Riskesdas) Kementerian Kesehatan, sekitar 60 persen penderita penyakit ginjal. kegagalan harus didialisis data. Kesehatan 2018.

Pada kesempatan ini, Konsultan Metabolik dan Endokrinologi dari Universitas Udayana, Prof. dokter. dokter. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD, FINASIM, mengatakan: Firennon Hal ini bisa menjadi harapan baru bagi pasien CKD.

Dokter Tak Anjurkan Penderita Masalah Ginjal Mencari Obat Alternatif

Beliau mencontohkan: Hal ini sangat penting dan menggembirakan, kami berharap inovasi farmasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya bagi penderita diabetes dan gangguan ginjal, serta dapat meningkatkan angka harapan hidup, meningkatkan kualitas hidup, dan mencegah kematian dini.

Obat yang mendapat izin edar di Indonesia sejak tahun lalu dan baru akan dirilis pada 15 Januari 2024 ini merupakan inovasi dari Bayer, perusahaan global yang berkompeten di bidangnya. ilmu kehidupan Terkait kesehatan dan gizi

Saat ini Firennon mulai menyebar di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Obat minum ini tersedia dengan harga antara Rp 20.000 hingga Rp 24.000 per pil.

Hemodialisis merupakan metode pengobatan yang paling umum dilakukan pada pasien gagal ginjal

Koresponden: Pamela Sakina
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024