jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

London (JurnalPagi) – Finlandia dan Swedia pada Senin (19/2) memanggil duta besar Rusia di negaranya dan menuntut sanksi dari Uni Eropa atas meninggalnya pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny.

Kementerian Luar Negeri Finlandia mengatakan pihaknya telah memanggil duta besar Rusia untuk “menekankan tanggung jawab Rusia dan menuntut penyelidikan penuh dan transparan.” Kami terus menuntut pembebasan seluruh tahanan politik di Rusia.

Pihak berwenang Swedia juga melakukan hal yang sama, menekankan perlunya keadilan dan akuntabilitas dalam kasus Navalny.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billström menekankan perlunya tindakan UE dalam menanggapi peristiwa terkait kematian Navalny.

Uni Eropa harus bertindak melawan penindasan politik di Rusia. “Ini sangat penting mengingat fakta bahwa pada 16 Februari, Alexei Navalny meninggal dalam tahanan Rusia,” kata Billstrom dalam sebuah pernyataan.

“Swedia saat ini mengambil inisiatif UE untuk mempertimbangkan kemungkinan sanksi baru yang menargetkan penindasan domestik di Rusia,” kata pernyataan itu.

Tokoh oposisi berusia 47 tahun itu meninggal di penjara saat menjalani hukuman 19 tahun penjara karena ekstremisme, Lembaga Pemasyarakatan Rusia mengumumkan pada hari Jumat.

Navalny juga disebut pingsan setelah berjalan di wilayah otonom Yamalo-Nenets, tempat penjara itu berada.

Otoritas Rusia kemudian melakukan berbagai tes untuk mengetahui fakta seputar kematiannya.

Navalny ditangkap pada Januari 2021 setelah kembali ke Moskow setelah menjalani perawatan di rumah sakit Berlin karena keracunan.

Negara-negara Barat dan Navalny sendiri menyalahkan Rusia atas keracunan tersebut, sebuah klaim yang dibantah oleh Kremlin.

Navalny dijatuhi hukuman 19 tahun penjara pada Agustus 2021 atas tuduhan ekstremisme dan kejahatan lainnya. Dia juga telah dijatuhi hukuman 11 tahun lima bulan karena penipuan.

Biden Sebut Kematian Navalny Tunjukkan Pentingnya Bantuan AS untuk Ukraina
China Sebut Kematian Alexei Navalny Sebagai Masalah Internal Rusia
Inggris Panggil Duta Besar Rusia Terkait Kematian Navalny

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Redaksi : M Razi Rahman
Hak Cipta © JurnalPagi 2024