Final Piala Afrika: Pantai Gading menang setelah mengalahkan Nigeria 2-1

Jakarta (JurnalPagi) – Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika untuk ketiga kalinya setelah mengalahkan Nigeria 2-1 pada laga final di Stadion Olimpiade Alassane Kotara, Abidjan, Pantai Gading Senin dini hari (12/12) pagi.

Selain menjuarai Piala Afrika pada tahun 1992 dan 2015, gelar tersebut menambah tiga kali koleksi Pantai Gading di kompetisi sepak bola papan atas Afrika.

Pada laga final Piala Afrika 2023, dua tim mengawali pertandingan dengan saling adu strategi menembus lini pertahanan lawan dan menciptakan peluang mencetak gol.

Gol pertama yang membuka keunggulan Nigeria pada menit ke-38 dicetak oleh bek tengah Nigeria William Trost-Ekong, yang menyundul “si kulit bundar” dari tendangan sudut.

Keunggulan Nigeria berlanjut hingga akhir babak pertama. Memasuki babak kedua, Pantai Gading meningkatkan tekanan dan menciptakan peluang pada menit ke-50, namun tembakan Gradle bisa diblok oleh Calvin Bassey yang berada di depan gawang.

Laga ini diiringi protes pemain Pantai Gading saat Gridel dijatuhkan Sanusi di kotak penalti, namun wasit tidak menunjuk.

Peluang lain datang ketika sundulan Kesseh mengarah tepat ke gawang namun kiper Nwabili yang berada dalam posisi bagus berhasil melakukan penyelamatan.

Nwabili pun menunjukkan ketangkasan di depan gawang dengan menggagalkan tembakan keras Kusuno dari luar kotak penalti.

Pantai Gading akhirnya memecah kebuntuan ketika Frank Casey membalasnya dengan sundulan hasil tendangan sudut yang membentur gawang Super Eagles pada menit ke-62.

Para pengawal Pelatih Emrese Fae pun tampak memiliki “amunisi ekstra” karena terus menekan pertahanan Nigeria usai mencetak gol balasan.

Alhasil, melalui gol Sebastian Haller pada menit ke-81, keunggulan Pantai Gading menjadi milik mereka. Haller langsung mengarahkan kakinya untuk menerima bola yang dicetak Adigra.

Nigeria yang tertinggal kembali kembali melakukan serangkaian serangan untuk menyamakan kedudukan. Namun tim berjuluk Parah Gajah mampu mempertahankan keunggulannya saat wasit menutup pertandingan setelah perpanjangan waktu sekitar 7 menit.

Jadwal Senin: Final Piala Afrika 2023, Milan vs Napoli

Piala Afrika dan Piala Asia Ungkap Fakta Hilangnya Ketimpangan

Afrika Selatan finis ketiga Piala Afrika 2023 dengan kemenangan adu penalti

Koresponden: Aloysius Levukda
Editor: Alviansia Pesaribo
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *