Festival pemilu mengangkat isu lingkungan hidup bagi calon presiden

Dalam dokumen visi dan misi kandidat, ada yang menyebutkan pemanfaatan panas bumi atau panel surya, namun belum menyebutkan tujuan spesifiknya.

Jakarta (JurnalPagi) – Festival pemilu 2024 yang digagas Bijak Ponsel dan didukung pilahelect.id mengangkat isu lingkungan hidup dalam perbincangan dengan tiga perwakilan calon presiden dan wakil presiden.

Project Manager Pilahelect.id, Elok F. Mutia, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, mengungkapkan, dalam sesi tanya jawab isu lingkungan hidup dan transisi energi, juru bicara dan perwakilan calon presiden/wakil presiden tidak menyampaikan hal tersebut. Hal tersebut menunjukkan pemahaman yang mendalam. dan menjawab kekhawatiran pemilih muda terhadap berbagai permasalahan lingkungan hidup di Indonesia.

“Bahkan dalam dokumen visi dan misi kandidat, ada yang menyebutkan pemanfaatan panas bumi atau panel surya, namun belum menyebutkan tujuan spesifiknya. Dia menekankan: “Kami ingin mereka menyatakan beberapa tujuan, ya transfer tapi berapa banyak.”

“Negeri Mawa Tata, Desa Mawa Kara”

Ia menyayangkan visi dan misi tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para pembicara yang hadir. Dalam diskusi panel, tidak ada satu pun perwakilan partai sponsor calon yang juga mencalonkan diri sebagai anggota legislatif yang tampil menjelaskan secara mendalam visi dan agenda calon terkait isu lingkungan hidup.

“Ini membuktikan mengapa legislatif dan pemerintah seringkali tidak selaras dengan kebijakan lingkungan hidup atau lintas sektoral. Karena terkadang ketika berbicara tidak selaras, karena agenda dan visi misi mereka tidak terkomunikasikan dengan baik kepada pendukungnya,” kata Mutia. tidak mentransfer.”

Dalam diskusi panel kali ini, Jezil Al-Fawad dari PKB yang mendukung paslon nomor urut 01, Ade Armando dari PSI yang mengusung paslon nomor urut 02, dan Masinton Pasaribu dari PDIP yang mengusung paslon nomor urut 03. .

Sementara itu, Gus Jezil mengatakan, pihaknya memandang isu lingkungan hidup sebagai isu penting. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan terkait kepedulian lingkungan yang telah dilaksanakan selama ini.

“Dalam visi dan misi kami, keadilan lingkungan adalah prioritas ketiga. Katanya, dalam debat kemarin Pak Mohimin juga menyerukan pertobatan lingkungan bagi Indonesia yang memasok karbon, alam kita sudah rusak.

Wamenkominfo mengajak pelajar Indonesia menggunakan internet dengan aman

Sementara itu, Ade Armando dalam kesempatan itu mengaku belum bisa menjelaskan secara spesifik visi dan misi isu lingkungan hidup.

Meski demikian, dia meyakinkan pihaknya memiliki sejumlah pihak yang akan menyusun regulasi terkait pencemaran, transmisi energi, dan lingkungan hidup.

“Jelas isu lingkungan hidup sangat penting bagi generasi muda dibandingkan dengan pemberantasan korupsi, teman-teman punya masalah yang lebih dalam.
Lingkungan, mohon maaf, tapi saya yakin PSI punya rencana.”

Lebih lanjut Massinton mengatakan, mengatasi permasalahan lingkungan hidup adalah soal ideologi dan berpihak pada alam serta masa depan generasi.

Misalnya di DPR ada UU Energi Baru dan Terbarukan, UU Minerba, UU Lingkungan Hidup, yang patut dianalisa sejauh mana bias dalam UU tersebut.
Dia berkata: Dalam hal perlindungan lingkungan, seberapa besar undang-undang tersebut mendukung kepentingan hijau industri kita?

Sebelumnya, survei online yang dilakukan pilahelect.id terhadap ribuan pemilih muda di seluruh provinsi menunjukkan 90 persen responden mengkhawatirkan masa depan lingkungan.

Jajak pendapat yang sama juga menunjukkan bahwa isu lingkungan akan menjadi faktor kunci dalam memilih generasi muda pada pemilu mendatang. Temuan jajak pendapat pilahelect.id juga menunjukkan bahwa 87 persen pemilih muda merasa isu lingkungan hidup tidak dibahas secara cukup mendalam dalam berbagai perdebatan politik menjelang pemilu.

Festival Hadera Ditemani Kader Bamusi yang Tempel Stiker Ganjar Pranuvu

Koresponden: Fawzi
Redaktur: Sambas
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *