Eric Tohir mengadakan pertemuan dengan diaspora Marteen Paes

Jakarta (JurnalPagi) – Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Eric Tohir bertemu dengan pemain Diaspora Martin Paes.

Martin Pace yang berposisi sebagai kiper merupakan pemain diaspora yang ingin memperkuat timnas Indonesia.

Presiden PSSI Eric Tohir usai menghadiri acara tersebut mengatakan: “Malam ini (saat berita ini diturunkan) saya bertemu Martin Pace, yang semuanya berasal dari Dallas dari Amerika Serikat, (dia) penjaga gawang utama FC Dallas. Saya akan makan. Konferensi pers Garudayaksa di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Mantan pemain FC Utrecht ini memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berkewarganegaraan Maluku. Eric Tohir mengungkapkan, Marten sudah meminta izin kepada nenek dan orang tuanya untuk mewakili Indonesia dan keputusan pemain berusia 25 tahun itu membuatnya terharu dan bangga dalam membesarkan Merah Putih.

“Saat dia (Marten) menemui nenek dan orang tuanya untuk pamit memperkuat tim Indonesia, keluarganya menangis (harus). Jadi dia memutuskan untuk memperkuat (timnas Indonesia),” kata Eric Tohir.

Maarten lahir pada 14 Mei 1998 di Nijmegen, Belanda dan saat ini bermain untuk klub divisi satu AS FC Dallas. Sebelumnya, Maarten bermain untuk NEC Nijmagen sebelum bergabung dengan Jung Utrecht dan melaju ke tim utama. Maarten mencatatkan 44 penampilan di Liga Belanda saat mempromosikan FC Utrecht.

Kini bermain untuk FC Dallas, Marten tampil impresif dengan 66 penampilan dengan 16 clean sheet dan rata-rata kebobolan 1,01 gol per pertandingan. Maarten juga tercatat bermain untuk timnas Belanda di hampir semua kelompok umur mulai dari U-19, U-20, dan U-21.

Selain Martin Pace, Eric Tohir mengungkapkan bahwa ia akan mencari kewarganegaraan pemain Diaspora lainnya, Tom Haye. Tom Haye yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini memiliki keturunan Indonesia dengan kakeknya berasal dari Sulu dan neneknya berasal dari Pulau Sulawesi.

Pemain berusia 28 tahun ini telah tampil secara reguler untuk SC Heernevin sejak bergabung pada Januari 2022. Musim ini, pemain jebolan akademi AZ Alkmaar itu sudah tampil sebanyak 13 kali untuk SC Heerneveen di Liga Belanda. Tom Haye telah mencetak dua gol dan satu assist sejauh ini.

Koresponden: Fajar Satrio
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *