Eric Tohir dianggap tidak melanggar aturan pencalonannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Jakarta (JurnalPagi) – Pendiri Institut Sepakbola Bodhi Setiawan menilai, majunya Menteri BUMN Eric Tohir sebagai calon Ketua Umum PSSI (Ketum) periode 2023-2027 tidak menyalahi aturan.

Dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Selasa, Bodhi Satyawan mengatakan: “Bukan (namanya melanggar aturan), hanya membuat hal-hal yang mengangkat isu seperti itu.

Ia menambahkan: “Tidak ada larangan bagi pejabat negara atau pejabat pemerintah untuk mengelola olahraga. Yang dilarang adalah pejabat pemerintah menjabat sebagai direktur KONI.”

Larangan itu, lanjutnya, tertuang dalam Pasal 40 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Dan ditegaskan dalam Pasal 56 Peraturan Pemerintah Republik Islam Iran Nomor 16 Tahun 2007 tentang penyelenggaraan olahraga, yang menyatakan: Pengurus provinsi dan kabupaten/kota bersifat mandiri dan tidak terikat pada kegiatan jabatan struktural. dan posisi publik.

Ada beberapa menteri yang menjadi ketua bidang olahraga, misalnya Lohut Pandjaitan sebagai ketua PASI. Irlanga Hartarto selaku Ketua Umum Wushu Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjadi Ketua Umum Persatuan Pelayaran Seluruh Indonesia (PODSI).

Selain itu, Sekretaris Kabinet Pramanu Anong juga mengatakan Menteri BUMN Eric Tohir telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk dipromosikan menjadi General Manager PSSI.

Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Menteri Kabinet. Ya Cerah Bodi Satyavan berkata: Eric Tohir tidak melanggar aturan.

Menteri Kabinet: Presiden mengizinkan Eric Tohir dicalonkan sebagai calon Ketum PSSI.

Di bawah ini adalah daftar pejabat pemerintah yang memegang jabatan Ketua Olah Raga:

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan adalah Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

2. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono adalah Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Gitball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi).

3. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum IPSI Indonesia atau Ikatan Panchak Silat.

4. Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dipimpin oleh Agong Ferman Sampurna yang pada saat itu (2020) juga menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

5. Kepala Badan Intelijen Strategis TNI Letjen TNI Johnny Soprianto juga menjabat Dirjen PB Perbakin.

6. Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan, juga menjabat sebagai CEO PB Esport Indonesia, organisasi utama yang menaungi eSports di Indonesia.

7. Ketua Fraksi DPR PDIP Utut Adianto yang juga grandmaster catur memimpin PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) selama dua periode ini.

8. Ketua MPR RI Bambang Suatiu (Bamsuet) resmi menjabat sebagai Presiden Jenderal IMI periode 2021-2024.

9. Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Sepeda Indonesia (ISSI) 2021-2025.

10. Presiden DPD RI La Nyalla M Mattalitti menjabat sebagai Presiden PB Muaythai periode 2022-2026.

11. Menko Perekonomian Irlanga Hartanto adalah Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia.

12. Wakil Menteri Hukum dan HAM, Profesor. Edward Omar Sharif Hiarij sebagai Presiden Umum Peleti periode 2027-2022.

Eric Tohir Daftar Kandidat Presiden PSSI yang Mungkin untuk Meningkatkan Sepak Bola
Eric Tohir: Anda harus berani menciptakan sepakbola yang bersih dan sukses
Wajah Baru Calon Ketua, Waketum, dan Anggota Baru Exco PSSI

Koresponden: Bayu Kuncahyo
Editor: Ervan Sohairondi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *