Eric Tohir: 16 besar kali ini, lain kali harus lebih tinggi

Jakarta (JurnalPagi) – Presiden PSSI Eric Tohir bersyukur atas keberhasilan Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia AFC 2023 dan yakin tim Indonesia akan meraih prestasi lebih di masa depan.

“Ibaratnya kalau kali ini masuk 16 besar dan itu sejarah, lain kali harus lebih tinggi,” kata Eric Tohir, yang menyaksikan kampanye tim nasional secara langsung di Qatar pada Minggu malam.

Timnas Merah Putih gagal melaju ke babak perempat final Piala Asia 2023 di Qatar setelah kalah 4-0 melawan Australia pada babak 16 besar di Stadion Jassim Bin Hamad Qatar. Namun, dari sudut pandang Presiden PSSI Eric Tohir, banyak hikmah yang didapat untuk meningkatkan kualitas timnas senior ke depan.

Artinya, tim yang sebagian besar berusia muda ini telah memainkan empat pertandingan melawan lawan yang memiliki kualitas lebih tinggi. Pengalaman yang didapat, ada mentalitas yang perlu ditingkatkan menghadapi tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Australia. Eric mengatakan itu adalah investasi yang bagus.

Dalam laga bersejarah bagi Indonesia tersebut, timnas kalah 0-2 pada babak pertama lewat gol bunuh diri bek merah putih Elkan Bagot pada menit ke-12 dan pemain Australia Boyle pada menit ke-45. Tim Kanguru meningkatkan poin mereka. Jumlah gol di akhir – akhir babak kedua dengan dua pemain Goodwin dan Sutar.

Hal utama yang membuat Eric optimistis dengan masa depan tim asuhan Shin Tae-yung adalah tim Indonesia tercatat sebagai tim termuda peserta Piala Asia 2023. Pemain tertua di tim Indonesia saat ini adalah Jordi Amat yang berusia 31 tahun. . Sedangkan pemain termuda adalah Marcelino Ferdinand dengan usia 19 tahun 2 bulan.

Berdasarkan data Transfermarkt, rata-rata usia pemain timnas Indonesia di Piala Asia AFC 2023 per 9 Januari 2024 adalah 22,5 tahun. Vietnam berada di peringkat kedua dengan rata-rata usia 23,3 tahun. Kemudian pemain asal Jepang itu berusia 23,7 tahun. Urutan berikutnya adalah Uzbekistan dengan rata-rata usia pemain 23,9 tahun.

Modal muda yang lebih berpengalaman di Piala Asia seharusnya menjadi prestasi yang lebih besar di Piala Asia. Saya berharap kekalahan melawan Australia tidak perlu disesali. Masih ada gol untuk ditunjukkan kepada pemain. Pelatih, kata Eric.

Koresponden: Dadan Ramdani
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *