jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erik Tuhir mengatakan kehadiran Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 akan membantu industri sepak bola tanah air berkembang lebih baik.

Eric mengatakan hal itu usai PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang merupakan operator Liga 1 dan PSSI menggelar uji coba penerapan VAR tahap ketiga di Lapangan JSI, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2).

Bagi saya, dengan penggunaan VAR, kualitas liga akan meningkat dan industri sepak bola kita juga akan meningkat. Pemain juga akan menjadi lebih baik dalam bermain. “Dia tahu semuanya sudah diurus dengan baik,” kata Eric dalam keterangan resmi yang diterima wartawan di Jakarta, Minggu.

Selama tahap uji coba, delapan kamera dipasang di sejumlah titik di lapangan selama pertandingan Klub Sepak Bola Sekolah (SSB) setempat.

Selama percobaan, wasit dan asisten wasit juga melakukan simulasi operator replay yang digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan penting.

Hal ini mencakup penentuan gol sah atau tidak sah, peninjauan penalti atau non-penalti, potensi pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan yang diidentifikasi oleh wasit atau hakim garis.

Tes PT LIB dan PSSI Pakai VAR di Bogor

Sementara itu, saat pengujian, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan seluruh perlengkapan yang diuji sama persis dengan yang digunakan pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akhir tahun lalu.

Tips hari ini, jika kita perhatikan, dimulai dari aksesoris. “Peralatan yang diperagakan atau yang kita pakai sekarang, kita awali dengan simulator, lalu semua peralatan itu persis seperti peralatan yang kita beli dan pakai di Piala Dunia U17 kemarin (2023),” kata Frey. .

Wakil Presiden PSSI Ratu Tisha mengatakan VAR bisa diterapkan saat Ligue 1 memasuki seri kejuaraan pada 4-26.

Tisha menjelaskan, saat ini penerapan VAR harus melalui beberapa tahapan, salah satunya tahap persetujuan akhir dan evaluasi terhadap VAR wasit dan asisten wasit yang disediakan FIFA.

“Untuk tugasnya, kami masih menunggu persetujuan FIFA sebagai penilaian akhir bagi mereka (wasit) dan selanjutnya kami akan melakukan pertandingan uji coba. Rencananya FIFA akan berada di sini antara tanggal 1 hingga 8 Maret untuk melakukan latihan persiapan akhir. untuk Divisi 1. Juri) berkata : Tisha.

PSSI akan sosialisasikan pemeriksaan VAR kepada seluruh peserta Ligue 1
Eric: Setahun penuh tantangan bisa diatasi dengan kerja keras

Koresponden: Zaro Azza Siachenyar
Redaktur: Eka Arifa Rosqiati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024