jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Morning sickness tidak hanya dialami ibu hamil. Kurang tidur, masalah kesehatan mental dan pola makan yang tidak teratur bisa menjadi penyebabnya.

Chief Medical Officer dan salah satu pendiri penyedia layanan kesehatan Redirect Health, Dr. Janice Johnston mengatakan ada banyak penyebab mual di pagi hari. Umumnya, hal ini biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat yang menimbulkan berbagai masalah.

Menurut Insider, Selasa, berikut beberapa penyebab morning sickness.

tidur tidak teratur

Gangguan pada siklus tidur, baik yang disebabkan oleh insomnia, apnea tidurAtau begadang bisa mempengaruhi sistem pencernaan.

“Itu bisa membuat Anda merasa mual saat bangun di pagi hari,” kata Johnston.

Kurang tidur mengganggu ritme sirkadian tubuh, atau jam tubuh, yang terkait dengan berbagai masalah, termasuk alzheimer, penambahan berat badan, dan kondisi kesehatan mental seperti depresi.

Semua hormon manusia berada dalam keseimbangan yang halus. Ada yang suka melatonin bikin ngantuk dan ada yang suka GhrelinKontrol nafsu makan, jadi makan atau tidur pada waktu yang tidak teratur dapat memiliki konsekuensi yang jauh lebih besar daripada yang Anda kira.

Bangun secara tiba-tiba, terutama saat lelah, dapat menyebabkan peningkatan cepat pada sistem saraf, yang dapat menyebabkan rasa mual ini.

Manfaat mangga mentah, menjaga kesehatan jantung hingga mencegah mual

Terlalu Banyak Mengonsumsi Lemak Jenuh Saat Sarapan Bikin Mual

gula darah rendah

Gula darah rendah dapat menyebabkan kelemahan. Gula darah rendah bisa disebabkan karena tidak makan makanan seimbang dengan serat dan karbohidrat kompleks atau melewatkan makan sama sekali.

“Jika Anda bangun dengan sakit perut, itu bisa jadi karena Anda lupa makan malam atau tidak cukup makan sehari sebelumnya,” kata Johnston.

Refluks asam

Morning sickness juga bisa disebabkan oleh pola makan. Misalnya, makan besar makanan berlemak tepat sebelum tidur dapat menyebabkan refluks asam.

Asam lambung bisa naik melalui kerongkongan dan menyebabkan mulas dan terkadang sakit perut.

dehidrasi

Tidak minum cukup air juga bisa menyebabkan Anda bangun dengan perasaan mual.

khawatir

Kecemasan dapat menyebabkan mual, terutama jika ada acara yang akan datang.

Johnston berkata: Usus atau sistem pencernaan kita terkait erat dengan sistem saraf pusat dan otak kita. Kedua sistem berkomunikasi bolak-balik, jadi ketika satu terpengaruh, pemberitahuan lainnya, kata Johnston.

Ketika Anda merasa stres atau cemas, hormon tertentu dilepaskan. Ketika mereka memasuki saluran pencernaan, mereka dapat mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan sakit perut.

“Jika Anda berbaring di tempat tidur karena stres tentang ujian atau cemas tentang acara yang akan datang, Anda mungkin merasa sakit atau mual,” katanya.

Jika kecemasan memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan Anda menderita serangan panik, itu bisa menjadi tanda gangguan kecemasan yang harus dievaluasi oleh seorang profesional.

hidung tersumbat

Hidung tersumbat juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Hidung tersumbat atau sinus tersumbat dapat menekan telinga bagian dalam dan menyebabkan sakit perut dan mual.

Ketahui Penyebab Mabuk Perjalanan dan Cara Mencegahnya

Mengenal serangan migrain dan penyebabnya

Dokter: Jika Ibu Hamil Merasakan Mual Lebih dari 10 Kali Sehari, Hati-Hati

Penerjemah: Maria Cecilia Gallo Prayodia