Dua menteri kabinet Indonesia bersaing menjadi Ketum-Waketum PSSI.

Jakarta (JurnalPagi) – Dua menteri dari kabinet maju Indonesia, yakni Menteri BUMN Eric Tohir dan Menteri Olahraga dan Pemuda (Manpura) Zainuddin Amaali bersaing memperebutkan kursi Ketua Umum dan Wakil Ketua PSSI periode 2027-2023.

“Dari informasi yang kami terima, baik dari dukungan anggota maupun preferensi masing-masing calon, ada lima calon presiden umum, yakni AA La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis. ” kata Ketua Panitia Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanuddin di GBK Arena, Jakarta, Senin malam.

Sementara itu, Zainuddin Emali merupakan salah satu dari 17 nama yang didaftarkan menjadi wakil presiden baru PSSI.

Zainuddin akan bersaing dengan nama-nama seperti Ahmed Riaz, Andre Rosadieh, Ivan Budianto, Azrol Ananda, Ratu Tisha dan Younes Nosy.

“Untuk Manpura, dia datang ke kantor PSSI atas nama stafnya sekitar pukul 12.00 WIB hari ini. Dia menyampaikan keinginannya mencalonkan diri sebagai wakil presiden PSSI,” kata Amir.

Amir juga menjelaskan, jika terpilih menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI tahun 2027-2023, Eric Thohir dan Zainuddin Emali tidak perlu meninggalkan jabatan lamanya karena Statuta PSSI melarang mereka memangku jabatan rangkap. tidak melarang. Organisasi.

Menteri Kabinet: Presiden mengizinkan Eric Tohir dicalonkan sebagai calon Ketum PSSI.

Selain jabatan Jenderal dan Wakil Presiden, KP juga mendapat 78 nominasi keanggotaan Executive Committee (Exco) PSSI, 9 di antaranya perempuan.

Amir menegaskan, daftar yang diumumkan KP merupakan data mentah yang masuk hingga batas waktu pengumpulan berkas, Senin (16/1) pukul 18.00 WIB.

Setelah itu, KP akan melakukan verifikasi kembali terhadap pelamar. Sebab, ada kemungkinan tokoh yang terdaftar di PSSI sebenarnya bukan dicalonkan atau merasa bukan dicalonkan sendiri, melainkan dicalonkan oleh anggota PSSI.

Di luar itu, pelamar mungkin belum melengkapi beberapa persyaratan administrasi. Nanti KP akan memberitahukan masalah ketidaklengkapan dokumen pada 19 Januari 2023 setelah selesai verifikasi.

PSSI mencalonkan total 11 anggota KP dan KBP dalam kongres reguler 2023.

“Kemudian pada 19-21 Januari 2023 calon dan calon pembawa bisa melengkapi dokumen langsung ke KP PSSI,” kata Amir.

Kemudian, pada 31 Januari 2023, KP akan mengumumkan daftar calon Pengurus Besar PSSI.

Selain itu, pada 1-3 Februari 2023, bakal calon dan anggota pendukung PSSI yang dinyatakan gugur sebagai calon sementara dapat mengajukan permohonan dan banding ke Panitia Banding Pemilu (KBP) PSSI.

Setelah proses selesai, KBP akan mengumumkan daftar final calon Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023. Calon tetap ini akan mengikuti Kongres Pemilu Luar Biasa PSSI pada 16 Februari 2023.

“Kami mengapresiasi para calon yang sangat antusias mengikuti proses menuju kongres. Ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki harapan besar terhadap perubahan sepakbola Indonesia,” kata Amir.

Mohammad Irivan Pastikan Tak Lagi Mencalonkan Diri sebagai Ketua Umum PSSI
Eric Tohir: Anda harus berani menciptakan sepakbola yang bersih dan sukses

Pengkhotbah: Michael Sihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *