DPRD: Belum ada rencana somasi ke Dinas Sosial terkait dugaan korupsi bansos

JAKARTA (JurnalPagi) – Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria mengatakan belum ada rencana pemanggilan Dinas Sosial (Dinsos) terkait dugaan korupsi Bantuan Sosial (Bansoo) sebesar 2,85 triliun rupiah pada tahun 2020.

Ketua Komisi Kesejahteraan Rakyat itu menjelaskan, persoalan itu baru spekulasi, karena belum ada aparat hukum yang bertindak.

“Saya kira belum ada, kita keluarkan dan lihat dulu,” kata Iman Satria saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Iman menjelaskan, dirinya tidak ingin berspekulasi atas dugaan kasus tersebut dan lebih memilih menyerahkannya kepada Kejaksaan Agung atau KPK.

“Kalau pihak berwajib atau Kejaksaan atau KPK sudah menyelidiki, kita kerja dulu. Kalau ada kabar, kita hubungi (eksekutif) dan mohon maaf nanti mereka tidak bisa bekerja,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Haru Budi Hartuno mengaku tidak mengetahui adanya dugaan korupsi bansos oleh Pasar Jaya.

“Entahlah, sudah lama,” kata Herro di balai kota DKI Jakarta, Rabu.

Herro membenarkan pihaknya telah membahas rekonsiliasi data, dan dia mengatakan proses rekonsiliasi berlangsung tiga sampai empat kali.

“Kalau dipikir-pikir, aku tidak mengerti,” kata Hero dengan hati-hati.

Diketahui, informasi soal korupsi bansos itu disampaikan oleh warganet di akun Twitter @kurawa.

@kurawa mentweet temuan dugaan korupsi pada program bansos senilai Rp 2,85 triliun pada tahun 2020.

Akun Twitter Rudi Valinka menjelaskan, semua berawal dari seorang whistleblower yang mengabarkan bahwa beras bansos ditimbun oleh Perumda Pasar Jaya untuk tahun anggaran 2020. Ternyata, beras bansos tersebut masih tersimpan di gudang sewaan di Kecamatan Pulogadung.

“Dinas Sosial DKI Jakarta telah menunjuk tiga mitra terpilih untuk menyalurkan paket sembako senilai Rp3,65 triliun melalui Perumda Pasar Jaya, PT Food Station dan PT Trimedia Imaji Rekso Abadi,” tulis Rudy dalam unggahan tersebut.

PSI Kecam Dugaan Korupsi Bansos 2020 di DKI Jakarta
Pemprov DKI cairkan bansos KJP periode Desember 2022
Dinas Sosial DKI Selidiki Beras Rusak, Duga Bansos Tidak Disalurkan.

Koresponden: Ricky Prayuga
Editor: Azis Kurmala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *