jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja (rocker) dengan pemerintah melalui sejumlah kementerian terkait di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis untuk membahas permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi kepada tiga calon pemain tersebut. negara harus berdiskusi. Tim sepak bola nasional Indonesia (Timanas).

Ketiga pemain timnas tersebut adalah Ragnar Oeratmangoen, Thom Jan Haye, dan Marteen Paes. Mereka ditawari naturalisasi melalui surat presiden (Surpres) yang dikirimkan kepada pimpinan DPR RI.

Pembahasan permohonan pemberian kewarganegaraan Indonesia atas nama Ragnar Oratmanguen, Tom John Hay, dan Martin Pace telah diajukan ke Komisi III dan Komisi X DPR RI, kata Habiburakhman, Wakil Komisi Ketiga DPR. RI. Pertemuan.

DPR Terima Keppres Kewarganegaraan 3 Pemain Timnas Indonesia Masa Depan

Terkait pembahasan tersebut, Komisi III DPR RI mengundang Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Sementara itu, Kahio Rahdian, Direktur Jenderal Departemen Hukum Kementerian Hak Asasi Manusia dan Hak Asasi Manusia, mengatakan naturalisasi merupakan mekanisme pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada warga negara asing (WNA) untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

Menurut dia, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia mengatur pemberian kewarganegaraan kepada orang asing dapat dilakukan melalui kewarganegaraan murni dan kewarganegaraan bagi orang asing yang telah melakukan pengabdian atau sejalan dengan kepentingan pemerintah.

PSSI Sebut Proses Naturalisasi Ragnar dan Tom Tunggu Liburan DPR

Dalam hal ini, menurutnya, pemberian kewarganegaraan karena untuk kepentingan negara, salah satunya adalah perekrutan pemain asing untuk timnas Indonesia. Hal ini sejalan dengan program pemerintah di bidang olahraga untuk meraih prestasi di tingkat internasional.

“Permohonan kewarganegaraan ditinjau dan diselidiki oleh tim pemeriksa dan peneliti yang memberikan kewarganegaraan,” kata Cahio.

Untuk itu, ia pun meminta Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Ragnar, Tom, dan Martin. Pelamar semuanya mempunyai keturunan atau darah Indonesia.

Eric Bertemu Calon Pemain Nasional Tom Hay

Sebelumnya, Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erik Tuhir memastikan proses pengurusan kewarganegaraan dua pemain diaspora, Tom Haye dan Ragnar Oratmanguen, akan selesai pada pertengahan Maret tahun ini.

Eric menjelaskan, Tom Haigh dan Ragnar Oratmanguen ditargetkan tampil di kualifikasi Piala Dunia 2026 saat timnas Indonesia bertemu Vietnam.

Selain itu, Eric Tohir juga bertemu dengan pemain Diaspora Martin Pace. Martin Pace yang berposisi sebagai kiper merupakan pemain diaspora yang ingin memperkuat timnas Indonesia.

Sedangkan Ragnar Oratmanguen (26), pemain berposisi menyerang (pemain sayap) yang saat ini membela Groningen dengan status pinjaman dari Fortuna Sittard (Belanda). Ia memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Maluku.

Sedangkan Tom Haye (28) merupakan gelandang Heerneveen (Belanda) yang memiliki darah Indonesia dari kakek Sulawesi dan nenek Sulu.

Kemudian Maarten Pace (25) memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berkewarganegaraan Maluku. Maarten lahir pada 14 Mei 1998 di Nijmegen, Belanda dan saat ini bermain untuk klub divisi satu AS FC Dallas.

Dewan Minta Prestasi Atlet Naturalisasi Dievaluasi Secara Berkala

Wartawan: Bagus, Ahmad Rizaldi
Editor: Keras
Hak Cipta © JurnalPagi 2024