Dokter menyarankan wanita hamil untuk tidak makan

Jakarta (JurnalPagi) – Dokter Spesialis Anak dr. Dian Pratamastuti Sp.A menyarankan ibu hamil untuk menghindari konsumsi makanan bergizi hingga muncul gejala alergi.

“Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa nutrisi terbaik untuk anak dimulai pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) dengan ibu hamil, ibu tetap makan makanan yang seimbang. Dalam talk show “Upaya Bersama Cegah Sesak” yang digelar secara daring di Jakarta, Rabu.

Dian mengingatkan pentingnya memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, termasuk konsumsi protein tinggi selama masa kehamilan, agar janin mendapat nutrisi yang tepat dan tidak menunda tumbuh kembangnya.

Dian melanjutkan, selain memperhatikan konsumsi makanan, ibu hamil juga harus rutin memeriksakan kehamilannya ke dokter dan menjaga kebersihan.

Anjuran Presiden Hindari Pemberian Bubur Instan pada Bayi untuk Cegah Pertumbuhan Pendek

Kemudian selama menyusui sebaiknya ibu diajarkan untuk tetap makan makanan yang bergizi, tinggi protein, cukup lemak agar kualitas ASI baik, kental agar bayi tumbuh dengan baik.

Ia melanjutkan: Bayi tidak tumbuh normal pada usia empat bulan, karena ASI berlimpah tetapi encer, kualitasnya kurang baik, oleh karena itu nutrisi pada usia nol hingga enam bulan bagi kedua ibu harus mendapat perhatian serius. Diane mengatakan, pertumbuhan dan perkembangan anak itu luar biasa.

Selain itu, saat bayi mendapat Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada usia enam bulan, sebaiknya tetap berikan makanan yang seimbang.

Diane mengatakan anak-anak harus mendapatkan banyak protein dan lemak. Komposisi makanan yang ia butuhkan adalah 50% karbohidrat, 20-30% protein, 40% lemak, dan 10% serat.

Duta Gizi Ajak Ibu Hamil Lakukan Pola Makan Sehat untuk Cegah Stunting

Pemberian serat pada anak di bawah dua tahun sebaiknya tidak berlebihan. pembentukan tubuhdia menyarankan. Menurutnya, pemberian MPASI yang tepat akan sangat berperan dalam membantu tumbuh kembang bayi Anda secara optimal. Pada tahap ini, anak belajar makan sendiri, menemukan indera perasa, penglihatan dan peraba. dan belajar mengenal tekstur makanan.

Dikatakannya: Oleh karena itu, sangat penting MPASI yang tepat mengandung gizi seimbang sesuai pedoman gizi seimbang yang dianjurkan Kementerian Kesehatan agar tumbuh kembang anak dapat terlaksana dengan baik.

Selain itu, orang tua juga harus lebih kreatif dalam menyajikan menu makanannya agar anak tidak cepat lelah, sehingga pada akhirnya pemenuhan kebutuhan nutrisinya lebih optimal.

Dokter: Cegah anemia pada ibu hamil dengan makanan kaya zat besi

6 Makanan Sehat untuk Penuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil

AIPGI: Anda bisa menggunakan makanan alternatif untuk memberikan nutrisi pada ibu hamil

Koresponden: Lia Vanadriani Santosa
Editor: Satyagraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *