Dokter menganjurkan agar penderita asma tetap minum obat, meski sudah terkendali

Jakarta (JurnalPagi) – Spesialis paru-paru dr. Wiwien Heru Wiyono menganjurkan agar penderita asma membawa obat kemanapun mereka pergi, meskipun asmanya sudah terkendali sebagai tindakan darurat.

“Setiap orang dengan asma disarankan untuk tidak berhenti minum obat keadaan darurat kata Vivian dalam acara diskusi pengobatan asma dalam rangka Hari Asma Sedunia yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Wiwien menjelaskan, penderita asma harus selalu membawa obat karena serangan asma tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi.

Wiwien mengatakan, gejala umum asma antara lain batuk, sesak napas, dada sesak, dan mengi (suara siulan yang keras saat menghembuskan napas).

Seorang dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dosti Jakarta mengatakan, “Semakin cepat obat diberikan, semakin berkurang sesak napas yang dialami pasien akibat penyempitan saluran napas.”

Dokter: Asma tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol

Riset Sebut Pola Tidur Sehat Lindungi Risiko Asma

Seorang dokter yang juga praktek di rumah sakit. St. Carolus, Jakarta mengatakan, meski asmanya tergolong ringan, serangan yang dialaminya tiba-tiba bisa menjadi sangat parah sehingga harus dirawat di unit perawatan intensif (ICU).

Ia menambahkan: Jika menemukan seseorang menderita asma dalam situasi darurat, ia harus tetap tenang dan tidak takut sehingga tidak berakibat fatal.

“Kalau di tempat ramai pindahkan ke tempat sepi supaya dia (penderita asma) bisa santai, kalau panas bawa ke tempat teduh,” ujarnya.

Dokter yang mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini juga menganjurkan agar penderita asma duduk dengan posisi duduk karena posisi tersebut paling baik jika mengidap asma.

Ia menambahkan, pekerjaan ini dilakukan sambil meminta bantuan untuk dipindahkan ke Puskesmas terdekat (FASK) yang memiliki alat penunjang oksigen pernafasan.

Dokter: Jika tidak ditangani, serbuk sari dapat menyebabkan asma yang tidak kunjung sembuh

Banyak upaya yang dilakukan dokter untuk mencegah asma

Koresponden: Sean Philo Mohammad
Diedit oleh: Zita Mirina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *