Dokter: Anak yang terkena flu bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai 10 hari

Jakarta (JurnalPagi) – Konsultan pernapasan anak, dr. Rina Triasih mengatakan, Anak yang menderita batuk pilek akibat pilek bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 hingga 10 hari.

“Ini masuk angin Penyakit ini bersifat self-limited“Dia bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu tujuh sampai 10 hari,” kata Rina dalam diskusi online yang dimoderatori di Jakarta, Selasa.

Sementara itu, bagi anak-anak yang memiliki riwayat alergi, diperlukan waktu hingga tiga minggu hingga gejala pilek mereda, kata Raina.

Saat masuk angin, gejala yang umumnya muncul adalah hidung tersumbat, sering bersin, kadang disertai nyeri saat menelan, dan demam.

Reina mengatakan, belum ada obat khusus yang ampuh mengatasi masuk angin. Anak yang mengalami pilek sebaiknya istirahat yang cukup, perbanyak minum cairan, dan penuhi kebutuhan nutrisinya.

Dokter: Aman Mengisap Hidung Anak yang Sedang Pilek

Dokter Jelaskan Alasan Anak Pilek Disarankan Hindari Minuman Dingin

Namun, Reena mengingatkan kita untuk mewaspadai beberapa gejala saat anak mengalami batuk atau pilek. Yang pertama adalah ketika gejala yang muncul menandakan penyakit flu.

Ia berkata: “Jika itu flu atau flu sungguhan, biasanya anak tersebut menderita penyakit yang lebih serius, demam tinggi, mengeluh sakit kepala, nyeri otot, dan anak tampak lemas.” Faktanya, pilek jarang terjadi.

Lalu, bila batuk pilek hanya terjadi pada pagi hari atau saat suhu sedang dingin, ini menandakan terjadinya. rinitis alergi atau batuk pilek yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Faktor selanjutnya adalah moncongnya berbau, hal ini bisa disebabkan oleh anak yang memasukkan sesuatu ke dalam hidungnya sehingga menimbulkan bau.

Rina mengatakan: “Warna hidung tidak selalu menunjukkan resep antibiotik, tapi jika berbau, kita harus berhati-hati agar anak tidak memasukkan sesuatu ke dalam hidungnya.”

Dokter Jelaskan Cara Mengobati Pilek dan Batuk pada Anak

Gejala pneumonia pada anak biasanya diawali dengan demam, batuk, atau pilek.

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *