jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Rejang Lebong, Bengkulu (JurnalPagi) – Desa IV Suku Menanti, Kabupaten Rejang Lebong menjadi satu-satunya desa wisata representatif di Provinsi Bengkulu yang masih masuk 100 besar penilaian Indonesia Tourism Village Award 2024 (ADWI) Kementerian Pariwisata. dan ekonomi kreatif

Kepala Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Erwan Zuganda di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan, dalam penilaian ADWI Kemenparekraf 2024, ada empat desa wisata di kawasan itu yang ikut penilaian, yakni Desa IV Suku Menanti, Sindang. Kecamatan Darat, Desa Sambar Orip dan Desa Kawang Lama di Kecamatan Selopu Rejang, serta Desa Pal 8 Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Dikatakannya, “Keempat desa wisata ini sudah masuk 500 desa teratas penilaian ADWI 2024, kemudian Desa Soko Mananti IV mampu masuk 100 desa teratas dan terdaftar sebagai satu-satunya perwakilan provinsi Bengkulu yang tersisa.

Menjual Keindahan Desa Wisata Penmbang Bangkulu

Dijelaskannya, masuknya Desa IV Soko Mananti dalam 100 besar penilaian ADWI membuat daerah bangga dan berharap bisa masuk 50 besar tingkat nasional.

Pada penilaian ADWI 2022, kata dia, Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi berhasil masuk 50 besar dan dikunjungi Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

Sementara itu, Mananti Jamari, Kepala Suku Keempat Desa Keempat mengaku sangat senang karena desa yang dipimpinnya mampu masuk 100 besar desa penilaian ADWI tahun 2024 dan berharap bisa masuk 50 besar desa.

“Alhamdulillah Desa IV Soko Mananti masuk 100 besar ADWI, sudah menuju 50 besar,” jelasnya.

Menurutnya, desa keempat suku Mananti ini mengikuti kompetisi desa wisata provinsi Bengkulu pada tahun 2023.

Desa ini dikenal sebagai penghasil kopi dan hasil pertanian lainnya dan juga mempunyai potensi wisata unggulan seperti Air Terjun Punai, Grobok Limau, Air Terjun Batu Soli, wisata religi. Lalu ada potensi agrowisata seperti kebun apel, kebun jeruk, kampung kopi, UMKM lokal, pengelolaan pupuk organik.

Anggota DPR Dukung Penguatan Destinasi Wisata di Bengaluru

Intip Rejang Lebong, Surga Wisata Alam Bengkulu

Kampoeng Durian, Agrowisata yang Membantu Meningkatkan Perekonomian Desa

Koresponden: Noor Mohammad
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024