Dengan meniru Arab Saudi, Jepang membuat kejutan besar dengan mengalahkan Jerman 2-1

JAKARTA (JurnalPagi) – Jepang mengungguli Arab Saudi untuk membuat kejutan besar di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan juara dunia empat kali Jerman 2-1.

Skor ini sama dengan saat Saudi mengalahkan Argentina tempo hari.

Jerman memimpin pada menit ke-33 ketika Iklay Gundogan mengalahkan kiper tim nasional Jerman Shoichi Gonda dari titik penalti setelah Gonda dilanggar oleh bek sayap Jerman David Raum.

Susunan Pemain Jerman Lawan Jepang

Jepang dikurung Jerman di babak pertama hingga hanya mampu menguasai 19% distribusi bola.

Tapi di babak kedua yang lambat tapi mantap, didorong oleh serangkaian penyelamatan brilian oleh Gonda dan pertahanan yang solid, Jepang menambah kecepatan di tahap penutupan babak kedua.

Akhirnya, pada menit ke-75, Ritsu Don menyamakan kedudukan. Gol dimulai dengan Kaoru Mitoma menerobos pertahanan Jerman dan kemudian melewati Takumi Minamino yang melepaskan tembakan lurus ke gawang Manuel Neuer.

Kiper nomor 1 Jerman berhasil menyelamatkan tembakan Minamino tetapi Ritsu Doan berlari ke arah bola dan melepaskannya ke gawang, yang tidak mungkin dilindungi dari Neuer, yang sudah mati berdiri.

Sepertinya pertandingan akan berakhir imbang, namun tujuh menit sebelum waktu normal, di menit ke-83,
Takuma Asano membentur umpan panjang Ko Itakura dari lini pertahanan Jepang yang dinyatakan offside oleh pemain Jerman.

Kaoru Mitoma Siap Bela Jepang Melawan Jerman

Asano melakukan lari yang tidak bisa diikuti oleh Nico Schlotterback dan kemudian mengalahkan Neuer dari sudut sempit.

Jerman berusaha mati-matian untuk menyamakan kedudukan di menit-menit terakhir. Mereka ingin menghindari nasib yang menimpa Argentina, namun usaha mereka untuk mencetak gol gagal.

Jepang pun memenangkan pertandingan ini sekaligus menjadi tim kedua setelah Arab Saudi yang melakukan kejutan besar di Piala Dunia Qatar 2022.

Jerman mendominasi pertandingan dengan 65% penguasaan bola dan 25 percobaan tepat sasaran, 8 di antaranya tepat sasaran, sedangkan Jepang hanya berhasil melakukan 3 dari 11 percobaan tepat sasaran. Namun karena lebih klinis, Jepang memenangkan pertarungan tersebut.

Kekalahan ini mengulang mimpi buruk Jerman yang juga tersingkir dari babak penyisihan grup pada laga Piala Dunia 2018 melawan Meksiko sebelum kalah melawan Korea Selatan.

Ciptakan Kejutan Besar untuk Piala Dunia, Arab Saudi Kalahkan Argentina 2-1

Koresponden: Jafar M. Siddique
Editor: Fitri Suprativi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.