Dengan kemenangan 3-2 atas Iran, Timnas Qatar pasti akan menghadapi Yordania di final

Jakarta (JurnalPagi) – Juara bertahan sekaligus tuan rumah Qatar pasti akan menghadapi Yordania di putaran final Piala Asia 2023.

Qatar melaju ke final setelah menang 3-2 melawan Iran pada laga semifinal di Stadion Al-Tohuma, Rabu malam (2/7) WIB.

Iran memimpin pada menit ke-4 melalui Sardar Azmoun. Striker AS Roma itu memblok bek Qatar dengan tembakan dari atas kepala Pedro Miguel dan membobol gawang Meshaal Barsham, kiper tim ini. Skor 1-0.

Keunggulan Iran hanya bertahan hingga menit ke-17. Jassim Gaber menyelesaikan umpan Akram Afif dengan tendangan jauh. Sebelum masuk ke gawang, bola membentur pemain Iran yang dijaga Alireza Biranvand. Hasilnya 1-1.

Iran memulai babak kedua dengan buruk ketika mendapat penalti pada menit ke-49 akibat handball Ahmad Fathi di kotak penalti. Alireza Jahanbakhsh memimpin sebagai presenter dan mampu mengalahkan Barsham dan membuat skor menjadi 2-2.

Kemudian kedua tim bermain ofensif dan berusaha mencetak gol ketiga di sisa waktu.

Qatar akhirnya berhasil mencetak gol ketiga di penghujung pertandingan atau pada menit ke-82. Tendangan Abdul Aziz Hatem dari jarak jauh mendarat di kaki Al Moez di kotak penalti. Elmoz pun tak menyia-nyiakan peluang tersebut dan tanpa bisa dibendung Biranvand, ia melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang Iran.

Iran berusaha menyamakan kedudukan, namun pada menit 90+3, dengan kartu merah Shoja Khalilzadeh, Afif berlari ke arah gawang Iran untuk mencetak gol, dan harus bermain dengan 10 orang.

Injury time lebih dari 15 menit tak mampu membawa Iran bermain imbang.

Qatar sukses mencapai final untuk kedua kalinya berturut-turut (2019 dan 2023). Sedangkan lawannya Jordan sebelumnya sudah lolos ke final dengan menyingkirkan Korea Selatan 2-0.

berbaris

Iran (4-2-3-1): Alireza Biranvand, Ramin Rezaiyan (Shahriar Moqanlu 87), Hossein Kanani, Shuja Khalilzadeh, Ehsan Haj Safi (Milad Mohammadi 46), Omid Ebrahimi (Mohammed Mohebi 46), Saeed Ezzatollahi, Alireza Jahanbakhshi 89, Saman Qudous, Sardar Azmoun.

Diameter (4-4-2): Meshaal Barsham, Lucas Mendes, Al-Mahdi Ali (Bovalem Khokhi 68 menit), Pedro Miguel (Tarak Salman 63 menit), Hammam El-Amin (Ismail Mohammad 46 menit), Mohammad Wade, Ahmed Fathi, Jassim Gebar (Abdulaziz Hatem 81 menit ), Youssef Abdul Risaq (Hasan al-Haidos 63), Akram Afif, Moez Ali.

Jordan Ukir Sejarah dengan Lolos ke Final Piala Asia
Qatar Vs Iran, Keinginan Kedua Tim Ulangi Kesuksesan di Puncak klasemen
AFC: Empat Negara, Termasuk Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Asia

Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *