Dengan keluarnya PP 24 Tahun 2022, “Tahillat” terus berkembang

JAKARTA (JurnalPagi) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut komik online harian karya ilustrator Indonesia Nurfazli Mersed bertajuk “Tahilalats” merupakan salah satu contoh bisnis yang semakin digemari dengan terbitnya Peraturan Pemerintah ( PP) Tidak. Sedang berkembang. 24 Tahun 2022.

Founder dan Chief Investment Officer Perusahaan Pengembangan Kekayaan Intelektual Kreatif INFIA Mohammad Nawiyar Rahman mendukung laporan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertajuk “Indonesia Tourism and Creative Economy Outlook 2023/2024” dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

“PP Nomor 24 Tahun 2022 memberikan akses kepada pemegang hak kekayaan intelektual di sektor ekonomi kreatif untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari lembaga keuangan non-bank,” kata Naviar.

“Tahilalats” berhasil dikembangkan oleh INFIA menjadi bisnis bernilai ekonomi tinggi dengan target pasar yang kuat melalui popularitas media sosial yang dibangun sejak tahun 2014 ketika komik harian digital pertama kali diluncurkan melalui akun @tahilalats di Instagram diterbitkan.

Somethinc Tawarkan Shinchan Crayon untuk menghidupkan tampilan produknya

Saat ini, “Tahilalats” telah menjangkau pengikut di luar negeri melalui dua akun Instagram versi global dalam bahasa Inggris (@tahilalats.en) dan Mandarin (@tahilalats.cn).

Pada bulan Mei 2021, Tahilalats membuat komik bertepatan dengan peluncuran lagu terbaru Coldplay, “Higher Power”.

Tak lama kemudian, Tahilalats berkolaborasi dengan Coldplay yang juga berkolaborasi dengan boy band asal Korea Selatan BTS, pada September 2021.

Menggunakan latar belakang ungu, komik ini dibuat untuk memperkenalkan judul lagu terbaru BTS x Coldplay, ‘My Universe’.

Dunia Tahilat Menjadi Hidup Melalui Brown & Friends

Di penghujung tahun 2022, karakter Tahilalats melakukan kolaborasi kreatif dengan karakter kartun Jepang Crayon Shinchan untuk merayakan ulang tahun Crayon Shinchan yang ke-30.

Kolaborasi Tahilalats dengan Crayon Shinchan berlanjut ketika pemilik merek Korea Selatan LocknLock merilis koleksi tempat makan dan minum edisi Tahilalats x Crayon Shinchan.

Belakangan komik dengan ciri khas tokoh komiknya ini kini menjadi nama sebuah toko makanan dan minuman di Jalan Braga Kota Bandung yang berkonsep komik strip Tahilalats.

Patung tokoh komik di depan toko Tahilalats, Jalan Braga, Kota Bandung dikunjungi JurnalPagi di Jakarta, Sabtu (7/10/2023). JurnalPagi/Abdo Faisal

Oleh karena itu, Kemenparekraf mendorong para pelaku industri kreatif Indonesia untuk segera mendaftarkan karyanya untuk mendapatkan lisensi IP seperti Tahilalats.

10 Merek Unggulan di China, Tahilalats hingga Satria Dewa Gatotkaca

Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2022 menunjukkan terdapat 113.532 rekaman ciptaan. Jumlah ini telah melampaui target 100.000 rekaman di tahun yang sama.

Selain itu, menurut laporan Laporan Kekayaan Intelektual Global 2022permohonan merek Indonesia menduduki peringkat kedua dengan 127.142 permohonan.

Dengan pelayanan dan pengelolaan yang baik, Kemenparekraf optimis Indonesia akan memiliki banyak pemegang lisensi IP lokal berkembang di masa depan.

Tips Sukses Industri Kreatif dari Pemilik “Tahillat”

Koresponden: Abdo Faisal
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *