Dengan gol penalti Iran di perpanjangan waktu, Jepang tersingkir dari Piala Asia

Jakarta (JurnalPagi) – Sabtu malam WIB, WIB menyingkirkan Jepang 2-1 pada leg pertama perempat final Piala Asia 2023 lewat gol penalti Iran di menit-menit akhir.

Timnas Jepang unggul lewat gol Hidemasa Morita di babak pertama, hingga Iran membalikkan kedudukan melalui dua gol Mohammad Mohebi di babak kedua.

Kemenangan ini membuat Iran melaju ke babak semifinal.

Begitu pertandingan dimulai, Jepang langsung mendominasi. Iran nyaris tidak bisa lepas dari tekanan dan harus mengandalkan serangan balik.

Jepang memimpin pada menit ke-28 melalui Hidemasa Morita. Ia membentur area penalti tiga lawannya dengan pisau, dan tembakannya diblok oleh kiper. Namun, bola kembali memantul dan masuk ke gawang Iran. Hasilnya 1-0.

Tertinggal gol, Iran mencoba membalas, salah satunya melalui tembakan Quddus pada menit ke-38, namun sepakannya masih agak melenceng dari gawang. Babak pertama berakhir dengan kemenangan Jepang 1-0 melawan Iran.

Korea Selatan Butuh Waktu Tambahan untuk Kalahkan Australia 2-1

Babak kedua segera dibuka. Iran berusaha lebih menekan, namun Jepang masih bisa menguasai bola.

Iran akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-55 melalui gol Mohammad Mohebi. Permainan bertekanan tinggi akhirnya membuat Jepang kehilangan bola di depan kotak penalti. Mohebi kemudian menerima assist dan kemudian mengubahnya menjadi gol. Jepang 1-1 Iran.

Iran mencetak gol pada menit ke-65 melalui Azmoun melalui tembakan mendatar. Sayangnya, pemain AS Roma itu berada dalam posisi offside saat menerima bola.

Pada menit ke-72, Azman nyaris mencetak gol. Sundulannya dari depan gawang masih melebar. Giliran Ezzatullahi yang melakukan tendangan akrobatik dari depan kotak penalti, namun masih mengarah ke Suzuki.

Penalti Iran pada menit 90+3 dari Kanaan Zadegan jatuh ke tanah di depan gawang setelah Itakura menangkap bola liar. Wasit memeriksa VAR dan wasit tetap menunjuk titik putih.

Meski kiper asal Jepang itu mampu menebak arah bola, Mohebi berhasil menaklukkan Suzuki hingga menjadi algojo. Iran secara impresif berhasil menyingkirkan Jepang dengan skor 2-1.

berbaris
Iran (4-2-3-1): Alireza Biranvand, Ramin Rezaiyan, Hossein Kananizadegan, Shoja Khalilzadeh, Milad Mohammadi, Saman Qudous (Ceshmi +90), Saeed Ezatollahi, Alireza Jahanbakhsh, Omid Ebrahimi, Mohammad Bei +90 menit), Sardar Azmoun (Ansari Ferd 9+90).

Jepang (4-1-4-1): Zeon Suzuki, Seiya Maikoma, Ko Itakura, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Ito, Takefusa Kubo (Mituma 67 menit), Wataru Endo, Hidemasa Morita (Hosoya 90+), Ritsu Doan (Asano 8 +90), Ayase Ueda, Daisen Maeda (Minamino 67 menit).

Gol bunuh diri Hananov mengantarkan Jordan ke semifinal

Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *