jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Pamkasan (JurnalPagi) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamkasan, Jawa Timur, melaporkan sejumlah kapal nelayan yang rusak akibat gelombang besar dan angin kencang yang menerjang kawasan itu pekan lalu.

“Hingga 27 Desember 2022, total kapal nelayan yang rusak akibat gelombang besar dan angin kencang tercatat sebanyak 27 unit,” kata Kepala Pelaksana (Kalexa) BPBD Pamkasan, Amin Jaber, di Pamkasan, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, 27 unit kapal ikan rusak tersebar di dua desa di kawasan Telnakan Pamkasan. masing-masing di Desa Bandran dan Desa Karamat.

Rinciannya, ada lima perahu di desa Bandaran dan 22 perahu di desa Karamat.

Satpolair: Empat selamat dan satu hilang ditelan ombak

Dua Nelayan Hilang Usai Perahunya Pecah Saat Dihantam Ombak Pantai Tulungagung

Ia mengatakan, dari 5 perahu rusak di Desa Bandaran, Kecamatan Telnakan, Pamkasan, satu perahu rusak berat dan empat perahu lainnya rusak ringan.

Sementara itu, dari 22 perahu rusak di Desa Karamat Kecamatan Telanakan, 10 perahu rusak berat dan sisanya 12 unit rusak ringan.

Ia menjelaskan, “Dan jumlah perahu nelayan yang rusak akibat angin kencang dan gelombang besar itu merupakan jumlah sementara berdasarkan laporan yang diberikan petugas lapangan hingga saat ini.”

Pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada Raja Muda Badrut, seluruh Pamkasan, dan sedang berkoordinasi dengan dinas sosial Pemkab Pamkasan agar pemilik perahu bisa mendapatkan bantuan.

Saat ini, sebagian besar nelayan Pamkasan tidak bisa melaut karena cuaca buruk berupa gelombang besar dan angin kencang.

Organisasi ini sebelumnya telah mengumumkan bahwa angin kencang dan gelombang besar dapat terjadi di perairan Pamkasan selama sepekan ke depan.

Nelayan disarankan untuk mengikuti prakiraan cuaca saat melaut untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang tidak baik.*

Empat Kapal Hancur Diterjang Gelombang di Jambar

Dua Kapal Nelayan Tenggelam Diterjang Ombak di Mokomoko

Koresponden: Abdul Aziz
Editor: Arafozon Saptiolda A