Daftar final Indonesia untuk Piala Asia 2023 akan diumumkan pada 10 Januari

Jakarta (JurnalPagi) – Pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yung (STY) mengatakan roster final Merah Putih Piala Asia AFC 2023 akan diumumkan pada 10 Januari.

Artinya, daftar 26 pemain yang diumumkan sebelumnya adalah daftar sementara yang dapat berubah sebelum kejuaraan empat tahunan tersebut berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari.

Nama-nama final akan diumumkan setelah berakhirnya laga uji coba terakhir Indonesia melawan Iran pada 9 Januari di Qatar atau setelah selesai pemusatan latihan (TC) di Turki pada Sabtu (6/1).

Sebenarnya sudah ada 26 pemain yang dilepas (oleh AFC), namun yang akan ditransfer ke Doha (Qatar) ada 28 pemain, kata STY mengutip laman resmi PSSI, Jumat.

Ia menambahkan: Oleh karena itu, kepastiannya akan ditentukan pada 19 Januari setelah lawan Iran.

STY menjelaskan, karena aturan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang memperbolehkan sebuah tim mengganti roster 26 pemainnya enam jam sebelum pertandingan pertama selama pemain terkait ada dalam rosternya, roster final akan diumumkan pada 10 Januari. akan melakukan. Entri dengan nama

Alhasil, peluang terpilihnya kembali Adam Alis dan Arkhan Fekri yang sebelumnya tersingkir masih terbuka dan belum tertutup sepenuhnya.

Ia menambahkan, karena sesuai aturan, pemain bisa diganti enam jam sebelum pertandingan dimulai.

Adam Alis dan Arkhan Fekri Tak Gabung Timnas di Piala Asia

Sebelumnya, setiap tim peserta Piala Asia 2023 hanya bisa mendaftarkan 23 pemain di AFC. Namun, AFC memutuskan untuk mengubah aturan tersebut setelah menerima saran dari para pelatih jelang Piala Dunia 2022 di Qatar. Dalam ajang sepak bola terbesar ini, setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemainnya.

Pernyataan tersebut sejalan dengan apa yang dijelaskan dalam Pasal 26 Ayat 6 Peraturan Kompetisi AFC yang menyatakan bahwa pemain pengganti dapat berpartisipasi selama telah mendapat akreditasi atau persetujuan dari AFC.

Pada Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D bersama Vietnam, Irak, dan Jepang. Tim Garuda akan melakoni laga pertamanya pada 15 Januari melawan Irak, kemudian 19 Januari melawan Vietnam, dan 24 Januari melawan Jepang.

Detail Lawan Timnas Indonesia di Asian Nations Cup 2023
Indonesia Siap Laga Uji Coba Kedua Melawan Libya

Koresponden: Zaro Azza Siachenyar
Redaktur: Eka Arifa Rosqiati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *