China mencatat pertumbuhan aplikasi paten hingga 2022

BEIJING (JurnalPagi) – China mencatat peningkatan kuantitas dan kualitas paten yang valid tahun lalu, lapor Xinhua.

Pada tahun 2022, total 798.000 paten telah didaftarkan. Pada akhir tahun 2022, jumlah paten yang valid di China akan mencapai 4,21 juta, di mana 3,28 juta di antaranya dipegang oleh penemu China daratan, kata Hu Wenhui, wakil direktur Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional China, dalam konferensi pers. .

Pejabat ini mengatakan: Cina adalah negara pertama di dunia yang memiliki lebih dari 3 juta paten yang valid.

Laporan indeks kekayaan intelektual global terbaru yang diterbitkan oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) juga menunjukkan bahwa China menempati urutan pertama di dunia dalam hal jumlah penemuan yang valid, tambah Hu.

Menurut Hu, China telah mendaftarkan lebih banyak perusahaan yang mengajukan paten dalam satu tahun terakhir, menunjukkan dinamisme inovatif yang berkembang dari perusahaan China. Pada akhir tahun 2022, terdapat 355.000 perusahaan China dengan paten yang sah, meningkat 57.000 dari tahun sebelumnya.

Kekuatan pendorong di belakang pertumbuhan paten legal di China terletak pada berbagai bidang teknologi digital, seperti manajemen teknologi informasi dan teknologi komputer.

Pada tahun 2022, jumlah paten yang diberikan untuk penemuan di industri utama ekonomi digital Tiongkok tercatat sebanyak 325.000, meningkat 17,9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Hu juga mengatakan bahwa semakin banyak usaha mikro dan kecil Tiongkok yang didukung melalui pembiayaan jaminan kekayaan intelektual, suatu kegiatan di mana perusahaan menjaminkan aset tidak berwujud mereka, termasuk merek dagang, paten, dan hak cipta, untuk menerima dana yang dijanjikan.

Pada tahun 2022, nilai pembiayaan jaminan paten dan merek dagang di seluruh Tiongkok akan melebihi 400 miliar yuan (1 yuan = pertumbuhan Rp. 40% selama tiga tahun berturut-turut).

“Jaminan kekayaan intelektual akan membantu usaha mikro dan kecil mengatasi dampak pandemi dan tumbuh perlahan,” kata Hu.

Selain itu, China juga mencatat pertumbuhan pesat jumlah paten dan merek dagang yang diberikan kepada orang asing pada tahun 2022. Jumlah paten asing yang valid di China mencapai 861.000 pada akhir tahun 2022, meningkat 4,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Merek dagang sah yang didaftarkan oleh orang asing di China mencapai 2,03 juta, 5,9% (tahunan).

“Angka ini menunjukkan bahwa perlindungan hak kekayaan intelektual menciptakan lingkungan bisnis yang baik bagi perusahaan investasi asing di China,” kata Zhang Zhicheng, pejabat senior CNIPA, dalam konferensi pers.

Tahun lalu, pihaknya juga mencatat penguatan upaya perlindungan hak kekayaan intelektual. China akan menangani 58.000 kasus pengadilan administratif tentang sengketa pelanggaran paten pada tahun 2022.

Penerjemah: Xinhua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *