Cegah penuaan di usia 40-an, simak 10 tips perawatan kulit berikut ini

Liputan6.com, Bandung – Penuaan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bagi semua orang. Ini adalah fitrah manusia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Banyak orang yang mengatakan bahwa usia 40 tahun merupakan masa puber kedua, kehidupan nyata, kedewasaan dalam hidup, bahkan menjadi titik balik seseorang dalam menemukan jati dirinya.

Seiring berjalannya waktu dan setelah dimulainya pertumbuhan, kondisi kulit seseorang bisa berubah. Perubahan pada kulit dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Menurut laman klinik kecantikan, Sabtu 10 Februari 2024, salah satu faktor yang pasti sangat berpengaruh terhadap perubahan kondisi kulit adalah usia.

Biasanya seiring bertambahnya usia, muncul beberapa tanda penuaan seperti kerutan atau kulit kendur. Apalagi di usia 40 tahun.

Usia 40 tahun merupakan usia dimana perubahan pada kulit mulai terlihat. Biasanya pada usia ini, kulit kehilangan elastisitasnya dan juga tampak keriput.

Masalah ini bisa segera diatasi, misalnya dengan filler dan terapi laser. Namun, perawatan kulit lain yang lebih aman, nyaman, dan terjangkau juga patut menjadi pilihan.

Untuk mencegah penuaan kulit dan cara merawat kulit usia 40 tahun tanpa filler dan laser, berikut 10 tips perawatan kulit:

1. Pembersih

Saat ini banyak sekali pedagang yang menjual produk kecantikan, termasuk pembersih, dengan harga murah. Namun, jangan mudah tergiur dengan harga murah tersebut.

Pembersih yang digunakan sebaiknya sesuai dengan jenis kulit pengguna. Misalnya saja jika Anda memiliki kulit kering, gunakanlah pembersih dengan bahan yang dapat menghidrasi kulit.

Anda juga bisa menggunakan pembersih yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid) yang cocok untuk semua jenis kulit (kecuali kulit sangat sensitif).

AHA sangat bagus untuk merangsang pergantian sel dalam tubuh sehingga memudahkan kulit menyerap produk perawatan kulit lain yang akan digunakan nantinya.

2. Pelembab

Khusus untuk kulit di atas usia 40 tahun, pilihlah pelembap yang juga mengandung tabir surya. Tabir surya adalah sesuatu yang harus Anda gunakan setiap kali Anda bangun di pagi hari.

Namun, memilih pelembap yang juga mengandung tabir surya bisa menghemat waktu dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Jangan lupa pilih pelembap dengan minimal SPF 30. SPF membantu kulit usia 40 tahun mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus, flek hitam, dan warna kulit tidak merata.

3. Kepalaku

Menggunakan serum di pagi hari juga termasuk dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Untuk kulit di atas 40 tahun, sebaiknya pilih serum yang mengandung antioksidan, terutama vitamin C dan E.

Antioksidan ini telah terbukti menjadi tabir surya yang sangat baik karena mampu menangkal radikal bebas dari sinar UVA dan UVB serta mencegah kerusakan kulit yang lebih parah.

4. Krim malam

Penggunaan krim malam seringkali diabaikan. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari rasa lelah setelah seharian beraktivitas hingga tidak merasa perlu menggunakan krim malam.

Padahal, krim malam sangat penting bagi kulit, karena kandungan pada krim ini membantu menjaga kelembapan dan meregenerasi kulit saat tidur sehingga kulit terasa lembut dan sehat di pagi hari.

5. Krim mata

Krim mata dapat digunakan mulai usia 18 tahun. Namun, banyak orang yang merasa tidak membutuhkannya.

Pada usia 40 tahun, kulit di bawah mata menjadi lebih tipis, kering, dan sensitif dibandingkan kulit bagian wajah lainnya.

Oleh karena itu, usia 40 tahun cocok untuk mulai menggunakan krim mata karena merupakan salah satu cara mengatasi kekeringan pada kulit di bawah mata.

Jika Anda sudah mulai menggunakan krim mata pada malam hari, jangan lupa menyimpannya di lemari es.

Krim mata dingin membantu mengecilkan pembuluh darah di area bawah mata sehingga kantung mata tidak muncul keesokan paginya.

6. Probiotik

Selain penggunaan berbagai produk kosmetik, yang tak kalah penting adalah menjaga asupan nutrisi dari makanan sehari-hari.

Sebaiknya biasakan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk kulit, seperti probiotik.

Probiotik bermanfaat untuk menjaga bakteri baik di saluran pencernaan. Bakteri ini membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem imun yang baik akan menjaga seluruh organ tubuh, termasuk kulit, tetap kuat dan berfungsi maksimal. Probiotik dapat ditemukan pada makanan seperti yogurt, kefir, kangkung, kombucha, dan asinan kubis.

7. Berhenti merokok

Siapa sangka kalau merokok tidak hanya merusak paru-paru, tapi juga berdampak buruk pada kulit? Rokok mengandung nikotin yang mempunyai efek seperti:

– Mempercepat proses penuaan pada kulit

– Ketidakmampuan kulit untuk menyembuhkan luka dengan cepat

– Menyebabkan penyakit kulit seperti psoriasis, hidradenitis suppurativa dan lupus eritematosus.

– Peradangan kulit, seperti jerawat

– Menghalangi aliran oksigen ke kulit

– Penurunan kandungan kolagen

– Kerutan pada kulit sekitar mulut

– Kulit kelopak mata terkelupas

– Warna kulit tidak merata, yakni abu-abu atau kekuningan

– Kulit terasa kering, kasar, tidak elastis dan tidak lembab

– Udara panas rokok membakar kulit

8. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat menjaga kulit tetap bersih. Perlu diingat bahwa di usia 40 tahun ada hal yang perlu mendapat perhatian lebih.

Pertama, jangan melakukan eksfoliasi terlalu banyak. Seminggu sekali saja sudah cukup. Saat melakukan eksfoliasi, harap lakukan dengan lembut, karena jika dilakukan dengan kasar, kulit akan memproduksi minyak berlebih.

Kedua, pilih krim eksfoliasi yang mengandung bahan lembut dan ramah kulit.

9. Multivitamin

Mengonsumsi multivitamin merupakan salah satu cara tercepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Tidak ada salahnya, asalkan multivitamin yang diminum aman dikonsumsi. Berikut ini contoh vitamin untuk kulit kering dan keriput yang penting bagi orang berusia 40-an:

– Vitamin B12

– Vitamin D

– kalium

10. Tidur

Seperti diketahui, tidur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kulit. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan mampu melakukan regenerasi sel-sel tubuh secara optimal.

Tubuh membutuhkan sekitar delapan jam tidur setiap malamnya. Coba atur ulang jadwal Anda agar mendapatkan tidur yang cukup dan kulit yang lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *