Cara pandang mempengaruhi seseorang dalam memecahkan masalah

Psikiater Klinik dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Dr. Gina Anindyajati Sp.KJ mengatakan persepsi atau pandangan hidup seseorang cenderung mempengaruhi sikapnya dalam menyelesaikan masalah di tempat kerja.

Dia mengatakan dalam percakapan online dengan topik “Menciptakan keharmonisan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi” yang diadakan pada tahun 2017: “Cara dia memandang dunia, cara dia menanggapi masalah hidup berdampak besar pada penyelesaiannya. masalah di tempat kerja. Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bahwa kepribadian orang memiliki dampak besar pada bagaimana mereka menghadapi tekanan pekerjaan.

Psikolog Jelaskan Strategi Cegah Stres Berkepanjangan

Menurut Gina, cara penyelesaian masalah yang tidak matang justru menimbulkan tekanan masalah yang lebih besar, termasuk ketika ada tuntutan di tempat kerja.

Selain itu, masalah dalam hubungan, baik dengan orang di rumah maupun di tempat kerja, juga mempengaruhi produktivitas kerja.

“Bagaimanapun, hubungan kita dengan orang lain sangat mempengaruhi apa yang terjadi di rumah, di kantor, di tempat kerja, dan sebaliknya,” ujarnya.

Gina menjelaskan jika kondisi mental kurang baik maka berdampak pada kondisi fisik berupa penyakit.

Dia mengatakan dalam berbagai penelitian bahwa empat dari sepuluh orang dengan gangguan mental menderita kecemasan dan tiga dari sepuluh menderita depresi. Dan itu meningkat tiga kali lipat selama epidemi depresi dan gangguan kecemasan.

Psikiater: Stres jangka panjang membuat orang mudah jatuh sakit

Psikiater yang juga bekerja di klinik Angsamre ini mengatakan, “Yang menarik dari keluhan yang disampaikan saat orang datang berkonsultasi bukanlah keluhan jiwa, melainkan keluhan fisik seperti sakit perut, sakit bahu.

Dia berkata: Keadaan ini disebut gangguan psikosomatis, di mana keadaan mental yang tidak sehat muncul sebagai manifestasi fisik.

Istilah ini mengacu pada keluhan fisik yang muncul akibat pikiran dan perasaan yang dirasakan seseorang akibat stres menghadapi sesuatu yang baru atau depresi dan kecemasan.

Waspadai jika perasaan tersebut bertahan terlalu lama hingga mengganggu aktivitas, Gina mengingatkan, karena Anda terlalu fokus pada stres. Begitu juga jika jantung sering berdetak, padahal kejadiannya sudah berlalu, bisa jadi itu merupakan gangguan psikosomatis dan segera konsultasikan ke psikiater.

Hilangkan stres di rumah hanya dengan selembar kertas dan spidol

Kata Dokter Manajemen Stres Penting untuk Cegah Insomnia

Psikiater Beri Nasihat Agar Tak Stres Saat Mempersiapkan Pesta Pernikahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *