Cara menghindari “chat” abal-abal saat belanja online menjelang lebaran

Jakarta (JurnalPagi) – Konsumen menghadapi ancaman penipuan selain risiko keterlambatan tibanya kiriman ke tujuan menjelang Idul Fitri. berbincang-bincang Dari kurir dalam fitur pesan instan saat menggunakan platform belanja on line.

Berdasarkan siaran pers platform belanja online Blibli di Jakarta, Sabtu, dalam melakukan kecurangan berbincang-bincang Biasanya disebut pesan instan MengendusPenipu yang menyamar sebagai kurir mengirimkan pesan singkat yang ditulis dalam file berformat APK.

Ikhtisar file yang dikirim melalui berbincang-bincang Ini menarik karena pratinjaunya Seringkali memuat logo perusahaan logistik untuk mengelabui korbannya.

Namun, jika file tersebut diunduh atau diklik, maka perangkat lunak perusak Itu dipasang di ponsel sehingga penipu dapat meretas data penting termasuk rekening dompet digital dan rekening bank.

Empat dari lima masyarakat Indonesia mudah tertipu saat bertransaksi online

Blibli membagikan lima cara menghindarinya berikut ini berbincang-bincang Penipuan saat menggunakan platform belanja on line sebelum Idul Fitri

1. Tidak acuh
Pengguna perangkat terkadang berpikir bahwa mereka memahami metode penipuan yang umum, sehingga mereka lupa bahwa itu adalah tindakan kriminal. on line Hal ini dapat dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi.

Oleh karena itu, pengguna perangkat harus diberi informasi secara rutin tentang metode curang on line dan cara menghindarinya Bagikan juga informasi ini kepada orang-orang terdekat Anda agar mereka juga terhindar dari risiko penipuan on line

2. Jangan asal klik atau download
Penjahat dunia maya dengan sengaja mengirimkan file atau tautan dengan harapan korban akan mengklik atau mendownloadnya. Jika Anda menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal, sebaiknya jangan mengklik atau mendownload file yang disediakan.

Jika Anda sudah mengeklik atau mengunduh APK dan merasa tidak aman, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik. Reset pabrik atau factory reset dengan resiko kehilangan seluruh data yang tersimpan di ponsel, termasuk foto.

3. Ganti password secara berkala
untuk menggantikan Kata sandi Atau password berkala merupakan salah satu upaya pencegahan yang masih dianggap efektif, meski terkadang dianggap merepotkan.

Untuk memperkuat keamanan data pribadi, jangan gunakan kombinasi yang mudah ditebak. Dilarang keras menggunakan tanggal lahir Anda sebagai kata sandi.

4. Perhatikan izin akses aplikasi
Saat Anda ingin menginstal aplikasi, terutama yang dikirimkan melalui aplikasi tersebut berbincang-bincang, periksa izin akses yang diterima aplikasi untuk memastikan keamanannya. Jika peringatan keamanan muncul, Anda harus berhenti menginstal program.

5. Laporkan kepada pihak yang berwajib
Apabila menerima file atau link yang mencurigakan, pengguna dapat melaporkannya kepada pihak yang berwenang yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui website Nomor Pengaduan.

Jika ditemukan aktivitas mencurigakan pada aplikasi belanja, sebaiknya segera menghubungi layanan pelanggan penyedia layanan belanja.

BRI menghimbau nasabah mewaspadai penipuan online jelang Idul Fitri
Penipuan online marak, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan BSSN meluncurkan VOMO

Koresponden: Natisha Andarningtias
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *