Cara menghilangkan kulit gatal tanpa obat dan salep khusus

Daftar isi



Jakarta, CNN Indonesia

Bagaimana cara menghapus gatal Pada Kulit Anda tidak perlu menggunakan obat atau salep khusus. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba di rumah.

Ada banyak penyebab kulit gatal. Berdasarkan halaman Akademi Dermatologi Amerika (AAD), kulit gatal bisa disebabkan oleh kulit kering, gigitan serangga, alergi, usia, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Bisakah itu dikelola? Bisa.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Para ahli menyarankan berbagai cara menghilangkan kulit gatal tanpa perlu minum obat atau menggunakan salep khusus.

1. Kompres dingin

Menggaruk dianggap sebagai solusi segera untuk kulit gatal. Namun, menggaruk kulit bisa menimbulkan jaringan parut dan iritasi. Sebaiknya kompres kulit yang gatal dengan kompres dingin.

Siapkan saja kain atau handuk kecil dan air dingin atau air es. Rendam kain dalam air, peras airnya, lalu gunakan sebagai kompres selama kurang lebih 10 menit atau hingga rasa gatalnya mereda.

2. Oleskan pelembab




Gambar. Cara menghilangkan kulit gatal adalah dengan menggunakan pelembab. (iStockfoto/AndreiDavid)

Salah satu penyebab kulit gatal adalah kulit kering. Sebaiknya gunakan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit dan menghilangkan rasa gatal.

Untuk kondisi kulit yang gatal, pilihlah pelembab yang bebas pewangi dan tambahan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi.

3. Mandi air hangat

Jika area kulit yang gatal cukup luas, kompresi mungkin sulit dilakukan. Oleh karena itu, AAD menganjurkan mandi air hangat. Batasi waktu mandi maksimal 10 menit. Mandi dengan air panas dalam waktu lama dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan membuatnya semakin gatal.

4. Gunakan pelembab

Kulit dapat dengan cepat kehilangan kelembapan dan rasa gatal akibat keringnya udara dalam ruangan. peluncuran dari Klinik ClevelandAnda bisa mengembalikan kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab.

Gatal juga bisa disebabkan oleh perubahan udara yang ekstrim antara di dalam dan di luar ruangan. Salah satu cara menghilangkan kulit gatal adalah dengan menggunakan pelembab udara yang menetralkan kondisi udara dalam ruangan.

5. Produk perawatan kulit bebas stimulan




Gambar. Cara menghilangkan kulit gatal adalah dengan memilih produk perawatan kulit yang tidak menyebabkan iritasi. (iStock/Senjata Foto)

Jika kulit terasa gatal, tinggalkan produk perawatan kulit untuk sementara waktu (perawatan kulit) yang mengandung stimulan seperti parfum. Sebaiknya gunakan losion dan sabun tanpa pewangi hingga rasa gatalnya mereda.

Selain produk perawatan kulit, perhatikan juga deterjen yang digunakan. Kandungan pewangi pada deterjen dapat mempengaruhi rasa gatal pada kulit.

(lainnya/pua)

[Gambas:Video CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *