Bulog: Penyaluran beras SPHP 2023 melebihi target di Sumut

Hingga akhir Desember 2023, kami telah menyalurkan sebanyak 75.380 ton atau setara 103,26% dari target.

Medan (JurnalPagi) – Perum Bulog Kanwil Sumut menyatakan distribusi Stabilisasi Pasokan Beras dan Harga Bahan Baku (SPHP) di Sumut pada tahun 2023 melebihi target yang ditetapkan sebesar 73.000 ton.

“Sampai akhir Desember 2023, kami sudah menyalurkan sebanyak 75.380 ton atau 103,26 persen dari target,” kata Kepala Kanwil Bolog Sumut Arif Mandu di Medan, Jumat.

Melihat hal tersebut, Aref optimis pihaknya dapat mencapai target penyaluran beras SPHP pada tahun 2024, meski target tersebut belum ditetapkan oleh Prom Bulog Pusat.

Bolog Madion Lepas 8000 Ton Beras untuk Stabilkan HargaMeski demikian, Bulog Sumut masih menyusun strategi agar beras SPHP yang dijual Rp 11.500 per kg atau berdasarkan harga eceran tertinggi (HET) di Sumut bisa diterima lebih banyak masyarakat.

Untuk itu, Arif menegaskan pihaknya akan terus memperluas jaringan pasar dengan menjaga seluruh jalur distribusi beras SPHP yang ada.

Dikatakannya: “Jumlah mitra ritel perlu diperbanyak karena saat ini ada batasan pengumpulan beras SPHP oleh mitra, yakni maksimal dua ton per koleksi.”

Bulog Cirebon salurkan 26 ribu ton beras SPHP hingga NovemberSebelumnya, Dosen Perekonomian Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Gunawan Benjamin mengatakan, intervensi Kanwil Bulog Sumut melalui penyaluran beras SPHP mampu menghentikan kenaikan harga beras di ibu kota provinsi tersebut. kota Madan

Meski belum turun setingkat HET ke bawah, namun harga beras medium dan premium tetap dipertahankan, bukan dinaikkan.

Dalam sepekan terakhir atau periode 22-29 Desember 2023, berdasarkan panel harga Badan Pangan Nasional, rata-rata harga beras medium di Sumut terjaga pada kisaran Rp13.570-13.700 per kilogram.

Sementara pada periode yang sama, rata-rata harga beras premium berkisar antara 14.680 hingga 14.800 Rial per kilogram. HET beras premium Rp 14.400 per kg.

Selain penyaluran beras SPHP, upaya penurunan harga beras lainnya adalah penyaluran bantuan pangan beras.

Bulog Perluas Bongkar Muat Produk Pangan Gandeng Pelindo.

Pada tahun 2023, Bolog Sumut telah menyalurkan dua tahap bantuan pangan beras kepada Rumah Tangga Penerima Manfaat (KPM) di wilayahnya.

Tahap pertama dimulai selama tiga bulan terhitung sejak bulan Maret lalu dilanjutkan dengan tahap kedua yakni periode September hingga November 2023.

Kemudian pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program ini hingga Desember 2023.

Selama periode September hingga Desember 2023, bantuan tersebut disalurkan kepada 906.328 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sumut yang berhak menerima 10 kg beras per bulan. Program ini akan selesai pada minggu ketiga bulan Desember 2023.

Koresponden: Michael Sihan
Redaktur: Nusarina Yuliastuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *