jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri Yosharto Hantuyongo mengajak seluruh pemerintah daerah memanfaatkan klinik inovasi daerah sebagai forum strategis untuk menggali dan mengembangkan potensi lokal, termasuk provinsi Tenggara. kegunaan Sulawesi. Pemerintah.

“Kami sangat mengapresiasinya Pengaturan“Klinik inovasi ini berarti menunjukkan komitmen Pemprov Sultra dalam mengakselerasi inovasi di daerah menjadi lebih baik,” kata Yusharto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Yusharto saat peluncuran klinik inovasi yang dilakukan Pemprov Sultra sebagai upaya memaksimalkan pertumbuhan inovasi di daerah.

Menurut Yosharto, hadirnya klinik inovasi akan sangat membantu pemerintah daerah di Pemprov Sultra dalam menyelesaikan permasalahan kompleks serta membantu mengembangkan ide dan potensi lokal.

Ia menambahkan melalui klinik inovasi, pemerintah daerah dapat mengembangkan cara-cara kreatif untuk mendukung budaya inovasi.

Ia mengatakan: “Kehadiran Klinik Inovasi diharapkan menjadi motor penggerak tidak hanya lonjakan popularitas, tetapi juga manfaat inovasi daerah.”

BSKDN imbau daerah menjadikan Tuksedovasi sebagai acuan replikasi inovasi.

Yosharto mengungkapkan pada tahun 2023, Pemprov Sultra akan melaporkan enam inovasi kepada Kemendagri melalui BSKDN.

Berdasarkan laporan tersebut, skor pengukuran indeks inovasi daerah sebesar 32,85 atau kurang dari inovasi. Terkait dengan hal tersebut, guna menyempurnakan laporan inovasi, Yosharto meminta kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk melakukan replikasi inovasi.

Ia percaya bahwa pengulangan inilah yang memungkinkan inovasi bermanfaat secara konsisten dan kontekstual.

“Kabupaten bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk melakukan replikasi, salah satunya aplikasi yang kami kembangkan tuksedo “Berisi 14.000 data inovasi yang dapat diakses dan menginspirasi daerah untuk meningkatkan inovasi,” jelas Yosharto.

Selain itu, diperlukan kerja sama untuk memaksimalkan pengembangan potensi lokal Banyak spiral yang melibatkan banyak pihak antara lain unsur pemerintah, akademisi, swasta, masyarakat, dan media.

Melalui kerja sama ini diharapkan pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat menciptakan ekosistem inovasi yang kuat dan berkelanjutan.

Ia menambahkan: “Oleh karena itu, dengan memanfaatkan potensi daerah secara cermat, pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat melakukan perbaikan-perbaikan yang dapat meningkatkan daya saing daerah di masa depan.”

BSKDN berkomitmen membangun kapasitas agar benar-benar berdampak pada masyarakat
BSKDN: Pusat Pelayanan Publik Indonesia Mudah Di Daerah

Koresponden: Narda Margarta Sinambala
Redaktur : Didik Kusbiantoro
Hak Cipta © JurnalPagi 2024