Brasil mengumumkan tiga hari berkabung nasional untuk mengenang Zagalo

Jakarta (JurnalPagi) – Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengumumkan tiga hari berkabung nasional untuk legenda sepak bola dan juara Piala Dunia empat kali Mario Zagallo, sehari setelah kematiannya pada usia 92 tahun.

Dia adalah salah satu pemain dan pelatih sepak bola terbaik sepanjang masa. “Dia berani, bersemangat, dan meninggalkan pelajaran penting tentang cinta, pengorbanan, dan tekad untuk sepak bola di negara ini dan dunia,” kata Lula, dikutip AFP, Minggu.

Zagallo, yang pernah menjadi pelatih berdedikasi bersama Pele di tim Brazil yang menjuarai Piala Dunia 1958 dan 1962, meninggal pada hari Jumat karena kegagalan beberapa organ.

Rumah Sakit Barra D’Or di Rio de Janeiro mengatakan Zagallo mengalami serangkaian masalah kesehatan dalam beberapa bulan terakhir.

Kepergian Zagalo pun meninggalkan banyak pesan dan kenangan dari berbagai wajah sepakbola dunia.

Zagallo juga menjadi satu-satunya pemain lain yang pernah menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, selain Franz Beckenbauer dari Jerman (1974 dan 1990) dan Didier Deschamps dari Prancis (1998 dan 2018).

“Pengaruh Zagallo terhadap sepak bola, dan sepak bola Brasil pada khususnya, berada pada level tertinggi,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

Infantino menyebut pemain sayap kiri bertubuh mungil itu sebagai “jenius taktik” dan menyoroti perannya dalam empat dari lima kemenangan Brasil di Piala Dunia.

Dia akan dikenang sebagai “Ayah baptis” sepak bola Brasil dan kehadirannya akan sangat dirindukan. Infantino berkata: Kisah Piala Dunia tidak dapat diceritakan tanpa Mario Zagallo.

Pemain saat ini dan mantan pemain juga memberikan penghormatan, termasuk Ronaldinho, Romario, Bebto, Tafarel dan Cafo.

Ronaldinho memberi keterangan pada foto dirinya dan Zagallo di Instagram: “Terima kasih atas segalanya, Profesor!!! Beristirahatlah dengan damai.”

Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengumumkan akan dilakukan mengheningkan cipta selama satu menit untuk Zagalo pada pertandingan mendatang.

Selain itu, banyak klub papan atas Brasil juga memberikan penghormatan, termasuk klub tempat Zagallo bermain dan melatih, seperti Rio de Janeiro, Botafogo, Flamengo, Fluminense, dan Vasco.

Koresponden: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bakhtiar
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *