jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Kami terus memantau perkembangan penanggulangan bencana

Gowa (JurnalPagi) – Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mendapat total Rp 350 juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penanggulangan banjir dan tanah longsor.

Dana tersebut diserahkan Deputi Penanggulangan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, Viceroy Goa Adnan Porichta Ichsan di Goa, Selasa.

“Alhamdulillah kami mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui BNPB RI, kami segera memberikan Rp 250 juta sebagai dana siap pakai kepada Kamat dan Tripika setempat untuk penanggulangan longsor dan bantuan operasional selama di lapangan, plus” Kami menyampaikan bantuan logistik bantuan di daerah. Dalam bentuk selimut untuk memastikan bahwa semua pengungsi terurus. Bagus.” Dia berkata.

Deputi Adnan mengatakan ada dua jenis bantuan yang diberikan pemerintah pusat, yakni Rp 100 juta berupa 2.000 selimut dan Rp 250 juta untuk operasi tanggap darurat.

Ia mengakui bahwa pemerintah daerah akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah di bidang penanggulangan bencana. Diketahui, dirinya bersama TNI-Polri dan SKPD terkait langsung melakukan penggeledahan di kawasan Parangloe.

Ia mengatakan: Kami masih memantau perkembangan penanggulangan bencana alam, alhamdulillah sekarang tim ini berusaha untuk membuka akses jalan yang tertimbun akibat longsor.

BNPB bantu pemulihan ekonomi warga Goa pascabencana

Korban tewas akibat banjir dan tanah longsor di Goa bertambah menjadi 53 orang

Sementara itu, Deputi Penanggulangan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan mengungkapkan, pemerintah pusat berupaya memberikan bantuan kepada daerah yang terkena bencana secepatnya.

Ia mengatakan: “Kebijakan pemerintah pusat tidak membiarkan masyarakat terlalu menderita sehingga kebutuhan logistik harus terpenuhi.

Sebagai bentuk percepatan, pihaknya meminta pemerintah daerah segera mengeluarkan surat perintah tanggap darurat sebagai kelengkapan administrasi untuk segera ditangani.

“Kami berikan secara simbolis sekaligus memenuhi persyaratan administrasi. Di Sulsel kami mengunjungi enam tempat yakni Goa, Marus, Makassar, Takalar, Waju dan Supang,” ujarnya.

Bupati Gowa minta Kementerian Pekerjaan Umum dan Lingkungan Hidup antisipasi bencana alam.

Wartawan : Moh. Hasanuddin
Editor: Budi Santoso