BMKG: Peringatan cuaca buruk di beberapa wilayah Sulut hingga 14 Februari

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hingga 14 Februari 2024

Manado (JurnalPagi) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga mewaspadai potensi cuaca buruk di beberapa wilayah dan kota di Sulawesi Utara (Sulut).

“BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hingga 14 Februari 2024,” kata Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Cuaca Ben A Molle di Manado Sam Ratulangi Manado, Senin.

Dia berharap warga yang beroperasi saat cuaca buruk berhati-hati karena ada kemungkinan banjir, tanah longsor, bahkan pohon tumbang.

Oleh karena itu, ia berharap warga yang tinggal di daerah rawan seperti bantaran sungai, tebing, atau perbukitan tetap berhati-hati, meski berada di daerah yang banyak pohon tumbang.

Ia mengatakan BMKG terus melakukan pemutakhiran data dan informasi melalui jalur yang telah disetujui.

BMKG: Waspada Gelombang 4 Meter di Perairan Sulut.

Ia mengatakan, mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Lanjutnya, pada hari ini wilayah yang berpotensi cuaca buruk antara lain wilayah Minahasa Utara, Minahasa wilayah Tenggara, Kota Kutamubagu, Bulang Mongondo wilayah Selatan, dan Bulang Mongondo wilayah Timur.

Pada keesokan harinya, cuaca buruk berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sementara itu, kata dia, pada 14 Februari, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Informasi BMKG: Cuaca Jakarta Senin pagi berawan dan malam hujan ringan.

BMKG memperkirakan sebagian besar wilayah Sulut berpotensi cuaca buruk

Koresponden: Karl Alexander Polakitan
Editor: Risbani Fardanieh
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *