BMKG memperingatkan kemungkinan terjadinya hujan lebat dan angin kencang di 25 provinsi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kemungkinan hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Selasa di beberapa wilayah di 25 provinsi Tanah Air.

Berdasarkan peringatan dini cuaca dari laman BMKG yang dipantau di Jakarta, pada Selasa pagi, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Riau. hujan turun Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Berikutnya Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mewaspadai kemungkinan hujan yang dapat disertai badai petir dan angin kencang di sejumlah tempat di Provinsi DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

Sejalan dengan peringatan tersebut, BMKG meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan hujan disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Wakil Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan potensi hujan lebat muncul karena Siklon Tropis Lincoln yang terpantau di daratan Australia membentuk zona konvergensi panjang di Laut Timor, Laut Arafuru, Teluk Carpentaria, dan Australia bagian utara.

Kemudian, zona konvergensi yang terpantau di Aceh terbentang dari Perairan Barat Bengkulu hingga Sumatera Barat, dari Jawa Timur hingga Banten, di utara Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dari Perairan Selatan Bali hingga NTB, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan. . , dari Sulawesi Tenggara hingga NTT, di Papua dan Papua Barat.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Badai Tropis Lincoln dan di sepanjang zona konvergensi, ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *