BMKG memperingatkan akan terjadi hujan lebat di 29 provinsi

Jakarta (JurnalPagi) –

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang mungkin disertai petir atau kilat di beberapa wilayah di 29 provinsi Tanah Air pada Minggu.

Berdasarkan peringatan dini cuaca yang dimuat di situs BMKG, terpantau di Jakarta, Minggu pagi, hujan lebat diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Bangkulu, Jambi, dan Sumsel. menjadi Pulau Banga Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Berikutnya ada provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara. Kemudian Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Selain itu, BMKG juga menempatkan sejumlah wilayah dalam kategori peringatan dampak hujan lebat, seperti banjir. Wilayah ini meliputi Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Provinsi tersebut adalah Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Sebelumnya, Presiden BMKG Duikurita Karnwati mengumumkan potensi angin kencang, petir, kilat, hujan lebat, dan gelombang tinggi di wilayah Indonesia hingga 11 April 2024.

Ia mengatakan: “Akan ada beberapa perubahan hingga tanggal 11 April, yaitu pada tanggal 14 hingga 7 April, wilayah tersebut diperkirakan akan mengalami angin kencang, gelombang tinggi, kilat dan kilat.”

Duikurita mengatakan, pada 4-7 April 2024, beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami angin kencang, gelombang tinggi, petir, dan kilat, antara lain Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bangka, dan Lampung.

Koresponden: Terry Milani Ameli
Redaktur: Reza Molyadi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *