BMKG: Jumlah titik panas di Kaltim menurun selama akhir pekan

Sebanyak 59 titik api terpantau di seantero WITA pada Jumat pekan lalu mulai pukul 01.00 hingga 24.00.

Balikpapan (JurnalPagi) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan melaporkan penurunan jumlah titik api di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dari 167 titik api pada Kamis (4/4) menjadi 59 titik api pada Jumat (5) teridentifikasi. /4).

“Sebanyak 59 titik api terpantau sepanjang Jumat kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA,” kata Koordinator Data dan Informasi Balik Papan Sultan Aji Mohd Suleiman Sepinggan Sepinggan Dian Nowirida di Balik Papan, Sabtu.

Sebaran titik api tersebut telah disampaikan kepada pihak terkait seperti Masyarakat Pemantau Kebakaran, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat dilakukan tindakan. Sesuai prosedur

Meski jumlah titik api sudah berkurang, namun ia mengimbau semua pihak tetap waspada dan saling mengingatkan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seperti pembakaran saat pengelolaan lahan.

Deteksi titik panas BMKG di Kaltim bertambah menjadi 32

“Kewaspadaan perlu dilakukan karena sejumlah wilayah masih mengalami cuaca panas selama beberapa hari berturut-turut, sehingga akan mengeringkan dahan, ranting, dan daun yang rawan terbakar,” kata Dian.

Ia menjelaskan, pantauan Kamis kemarin ada 167 titik api yang tersebar di tujuh kabupaten, yakni Kota Buntang (3), Kabupaten Paser (3), Panjam Paser Utara (5), Kuta Barat (45), Kuta Timur (69). , Kota Kartangara (41) dan Kabupaten Berau (1).

Sedangkan 59 titik pantauan kemarin tersebar di tiga kecamatan yakni Kuta Barat (35), Kuta Timur (13), dan Kecamatan Kuta Kartangara (11), sedangkan rincian di Kuta Barat tersebar di empat kecamatan yakni Barung Tangkok (1). , Jempang (3), Muara Pahu (29) dan Peninggahaan (2).

Kemudian tersebar di Kecamatan Kuta Timur di tiga kecamatan yaitu Muara Ankalong (11), Muara Bangkal (1) dan Kecamatan Teluk Pandan (1). Sedangkan di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebar di empat kecamatan, yakni Kabupaten Marangkayu (3), Muara Kaman (1), Muara Muntai (1), dan Kabupaten Tabang (5).

Beberapa titik panas berturut-turut, BMKG: Kaltim 132 titik panas waspada

Koresponden : M.Ghaffar
Editor: Risbani Fardanieh
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *