BMKG: Gempa M5,6 guncang wilayah Laut Banda, tidak ada kemungkinan tsunami

Jakarta (JurnalPagi) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berkekuatan magnitudo 5,3 melanda wilayah Laut Banda, Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 141 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dariono mengatakan, mengingat letak pusat gempa dan kedalaman yang dangkal, maka gempa yang terjadi merupakan gempa berukuran sedang akibat aktivitas deformasi batuan di Dal Banda. Di Jakarta, Kamis

Ditambahkannya, Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa mempunyai mekanisme pergerakan ke atas.kesalahan dorong).

BMKG: Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Laut Banda, Tak Ada Kemungkinan Tsunami

Katanya, hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Disebutkannya, gempa pada pukul 07:43 WIB ini terletak pada koordinat 7,07 LS dan 129,94 BT atau tepatnya di laut dan pada jarak 181 km barat laut Tanibar, Maluku.

Ia menyatakan, gempa ini berdampak dan dirasakan di Saumlaki dengan intensitas skala II MMI (2).Kekuatan mekanik yang dimodifikasi) yaitu getaran yang dirasakan beberapa orang, benda lampu gantung tersebut bergetar.

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada laporan kemungkinan kerusakan akibat gempa tersebut.

Hingga pukul 07.49 WIB, hasil pemantauan BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan, kata Dariono.Gempa susulan).

Ia meminta masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

BMKG: Aktivitas gempa di Maluku meningkat, terdampak gempa M7.2

BMKG: Aktivitas Deformasi Tebing Laut Banda Picu Kembali Gempa M 6.0

Beliau bersabda: Sebelum pulang, periksalah bangunan tempat tinggal anda dan pastikan cukup tahan terhadap gempa atau tidak rusak akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.

Selain itu, ia meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
partikel untuk benda langsung

Koresponden: Zoubi Maherfi
Redaktur: Endang Sukarelawati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *