jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Kondisi cuaca yang mempengaruhi ibu kota disebabkan oleh beberapa fenomena atmosfer. Seperti aktivitas gelombang Rossby yang masih tropis di Pulau Jawa Barat bagian selatan pada periode tersebut

Jakarta (JurnalPagi) – DKI Jakarta masuk dalam wilayah yang berpotensi terus mengalami dampak intensitas hujan lebat seperti banjir dalam sepekan ke depan atau pada 1 hingga 8 Maret 2024, berdasarkan laporan Badan Meteorologi. , Badan Klimatologi dan Geofisika ( BMKG).

Guswanto, Wakil Ahli Meteorologi BMKG Jakarta, Jumat, mengatakan kondisi cuaca yang mempengaruhi ibu kota disebabkan oleh beberapa fenomena cuaca. Seperti aktivitas gelombang Rossby yang masih tropis di Pulau Jawa Barat bagian selatan pada periode tersebut.

Kemudian pihaknya juga menemukan adanya peningkatan kecepatan angin di sekitar Kepulauan Bangka Belitung dan Selat Karimata yang kemudian membentuk pola perlambatan, konvergensi, dan rotasi angin di sekitar Pulau Jawa bagian barat.

Bahkan, menurut dia, belakangan ini ditemukan aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang masuk ke wilayah Indonesia dari arah barat kemudian bergerak ke arah timur sehingga meningkatkan potensi dampak bencana di Jakarta dan sekitarnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat waspada dan melakukan upaya preventif terhadap peningkatan curah hujan yang kemungkinan terjadi pada pekan depan dengan terus mengupdate informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini dari BMKG.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sejumlah wilayah terdampak akibat peningkatan intensitas hujan lebat sebesar 157,3 mm per hari dalam 24 jam, dengan tinggi air banjir 10 hingga 120 cm. daerah itu, telah tenggelam – 29 Februari 2024.

Wilayah yang paling banyak terendam banjir berada di wilayah utara Jakarta, dimana setidaknya hingga tadi malam (Kamis (29/2/2018), banjir yang merendam jalan di kawasan itu berada pada ketinggian 10 hingga 25 cm.

Informasi yang dihimpun, salah satu titik banjir di Jakarta Utara berada di jalan utama kawasan Kelapa Hybrida Timur, Pegangsaan Dua. Banjir juga menyebabkan antrian mobil yang panjang.

BNPB: Banjir Jakarta Bisa Diselesaikan dengan Cepat
PUPR Lanjutkan Normalisasi Ciliwung Atasi Banjir Jakarta

Koresponden : M. Rizko Bima Elko Prastiv
Editor: Ahmed Wijaya
Hak Cipta © JurnalPagi 2024