jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Mahasiswa tidak perlu mengulang perkuliahan dari awal, tetapi dapat langsung melanjutkan sesuai dengan poin yang mereka dapatkan dari pengalaman kerja atau latar belakang akademik.

Jakarta (JurnalPagi) – Binus University School of Business, Senayan, Jakarta membuka program magister bernama MM Executive Track Recognition of Prior Learning (RPL) untuk memberikan kesempatan belajar yang luas dan inklusif bagi mereka yang berminat melanjutkan studi S1. derajat.

“Pelaksana RPL Track MM menawarkan penyetaraan akademik terhadap prestasi calon mahasiswa. Jika yang bersangkutan memiliki pengalaman kerja atau telah mengikuti sejumlah sertifikasi yang termasuk dalam konten yang diakui, kata Binus, Dekan School of Business, dapat berpartisipasi dalam program RPL ini untuk mendapatkan gelar Magister Manajemen (MM) dengan lebih efektif.” Acara Profesor Rini Setiowati dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Rainey mengatakan program RPL merupakan program pendidikan yang memungkinkan calon mahasiswa untuk “mentransfer” pengalamannya ke satuan kredit yang diakui oleh perguruan tinggi.

Program RPL dirancang untuk memberikan waktu belajar yang nyaman, mengingat banyak orang yang ingin melanjutkan S2 namun terkendala oleh waktu.

PL ada pada jenjang pendidikan tinggi untuk memenuhi dua tujuan, yaitu memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan formal (RPL Tipe A) dan memberikan kualifikasi khusus yang setara bagi calon dosen (RPL Tipe B).

Melalui program ini, mahasiswa mempelajari kasus global dan lokal yang didukung oleh Binus Business Innovation Lab dan fasilitas Binus Marketing Lab untuk mengembangkan ide dan rencana bisnis yang disruptif. Program ini juga mengadopsi metodologi Design Thinking Stanford University sejak 2010.

“Program RPL Track MM Executive Binos Business School mengajarkan dan mengukur soft skill yang dibutuhkan untuk menghasilkan eksekutif manajemen yang handal, seperti pemikiran strategis, membaca cepat, hingga presentasi eksekutif yang unggul,” ujarnya.

Menurutnya, program Binos sudah ditetapkan Kemendikbud melalui SK Budristek Nomor 41 Tahun 2021 tentang pengakuan pembelajaran masa lalu.

Ia melanjutkan, RPL secara umum bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia melanjutkan pendidikan dengan mengakui pendidikan yang sudah dimiliki.

Pendidikan tidak harus pendidikan formal, tetapi juga pendidikan nonformal atau informal untuk pengalaman kerja. dengan catatan masih relevan dengan program studi yang diambil pada jenjang berikutnya.

Bagi yang ingin mendaftar, persyaratan harus disertai portofolio yang menunjukkan pengalaman kerja dan pendidikan calon mahasiswa. Ini bisa berupa sertifikat kompetensi, izin kerja, atau daftar riwayat pekerjaan.

Selain itu, calon mahasiswa akan menjalani tahap penilaian dengan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program RPL.

Pada saat itu, akan dievaluasi berapa kredit yang akan diperoleh calon mahasiswa dari pengalaman kerja atau latar belakang akademis.

“Jika diterima, bisa langsung mulai kuliah sesuai program perguruan tinggi yang diinginkan. Mahasiswa tidak perlu mengulang kuliah dari awal, tapi bisa langsung melanjutkan sesuai SKS yang diperoleh dari pengalaman kerja atau latar belakang akademik.

Kemendikbud: Lulusan Kursus Bisa Melanjutkan ke Perguruan Tinggi
Mendez PDTT Resmikan Program RPL Desa di Unesa
Kemendikbud: Pengakuan RPL Tak Turunkan Kualitas Pendidikan

Pemberita: Harlevita Dharma Shanti
Editor: Muhammad Yusuf