Bilbao mengalahkan Atletico Madrid 1-0 di kandang sendiri melalui tendangan penalti.

JAKARTA (JurnalPagi) – Gol tunggal Alex Brenger membuat Athletic Bilbao meraih kemenangan impresif 1-0 saat menjamu Atletico Madrid pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Pemain sayap itu mengonversi penalti pada menit ke-25 untuk memastikan kemenangan, namun Atletico dibuat frustrasi setelah banding penalti mereka dikesampingkan di akhir pertandingan.

Yarra Alvarez melakukan pelanggaran terhadap Alvaro Morata di area penalti, namun tinjauan VAR menunjukkan sang striker sudah berada dalam posisi offside dalam prosesnya.

Ini merupakan kekalahan kandang pertama Atlético di semua kompetisi pada musim 2023/2024.

Mereka menekan kami dengan baik, terutama di babak kedua, namun pada akhirnya kami mendapatkan hasil yang sangat bagus. “Kami melakukan apa yang harus kami lakukan sepanjang tahun, tim melakukan banyak pengorbanan dan itulah cara kami harus melanjutkannya,” kata Berenguer seperti dikutip AFP.

Atlético yang berada di peringkat keempat klasemen Liga Spanyol dan tertinggal sepuluh poin dari pemuncak klasemen Real Madrid, akan sangat bersyukur jika bisa menjuarai Copa del Rey.

Pasukan Diego Simeone mengalahkan Real Madrid di babak 16 besar dan mengalahkan Sevilla untuk mencapai semifinal, namun harus bermain melawan Basque pada 29 Februari.

Di saat yang sama, Bilbao memecahkan rekor Barcelona dengan 31 kemenangan di perempat final dan bermain gagah berani di Stadion Metropolitano.

Klub Basque itu kalah dalam enam final Copa del Rey terakhir yang mereka ikuti, meski mereka punya rekor bagus dengan 23 trofi di ajang tersebut.

Tim tamu membuka skor di ibu kota ketika Rinildo Mandava melanggar Benat Prados dari titik penalti untuk membuat timnya mendapat penalti. Kemudian Berenger mengambil penalti dan sukses menaklukkan kiper Atletico Jan Oblak.

Memphis Depay punya peluang menyamakan kedudukan, namun tendangannya mampu diblok Aitor Paredes akibat kesalahan Jolen Aguirrezabala. Atletico kembali menyia-nyiakan peluang melalui Antoine Griezmann saat tendangannya melebar.

Asir Willlibere seharusnya bisa menggandakan keunggulan Bilbao lewat tembakannya ke samping gawang setelah tembakan Oblak berhasil diselamatkan.

Di penghujung pertandingan, Atlético mengira penalti telah diberikan, namun posisi offside Morata berarti penalti tersebut dianulir. Upaya terakhir sang striker tidak membuahkan gol karena sundulannya masih melebar.

Real Sociedad bermain imbang 0-0 melawan Real Mallorca di leg pertama semifinal lainnya pada hari Selasa.

Gol Tunggal Depay Bawa Atletico ke Semifinal Piala Raja

Atletico menyingkirkan Real Madrid dari Copa del Rey dengan kemenangan 4-2

Barcelona melaju ke perempatfinal dengan mengalahkan Unionistas de Salamanca 3-1

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Editor: Alviansia Pesaribo
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *