jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Arab Saudi berharap masuknya bintang asing seperti Cristiano Ronaldo dan Neymar ke klub sepak bola Tanah Air akan membantu tim nasional negaranya meraih gelar Piala Asia pertamanya dalam 28 tahun.

Klub-klub liga profesional Arab Saudi telah menghabiskan banyak uang untuk menarik pemain-pemain terbesar dunia seiring upaya Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, yang semuanya merupakan bagian dari langkah yang lebih luas dalam olahraga global.

Saleh Al-Khalif, wakil editor surat kabar Al-Riyadhi, mengatakan bahwa bermain melawan dan dengan pemain seperti Karim Benzema, Sadio Mane dan pemain lain mungkin tidak akan bermanfaat bagi pemain Saudi.

“Kami berharap persaingan yang kuat ini akan memberikan dampak jangka panjang pada tim (nasional),” kata Al-Khalif.

Dengan Roberto Mancini yang memimpin Italia menjuarai Piala Eropa 2021 dan kini menjadi pelatih kepala tim tersebut, Arab Saudi akan mengawali Piala Asia melawan Oman pada Selasa (16/1).

Arab Saudi mengalahkan juara Argentina di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 dan kembali ke Qatar sebagai salah satu favorit Piala Asia.

Biaya pemain di berbagai klub di liga profesional Arab Saudi selama musim panas hanya dilampaui oleh Liga Utama Inggris.

Ronaldo Raih Penghargaan Pemain Terbaik Liga Saudi Agustus Lalu

Beberapa pemain domestik telah menghadapi masuknya pemain asing, seperti striker Al-Ahly Firas Alboraikan, yang memulai di klubnya sebelum mantan bintang Liverpool Roberto Firmino.

Para pemain timnas seperti Salem Al-Dosari, Ali Al-Boulihi, dan Saud Abdul Hamid juga rutin bermain, meski ada berbagai bintang baru di Al-Hilal.

Ahmed Ezzeddin, seorang analis Mesir, mengatakan: “Popularitas dan daya saing liga, selain bersaing dengan pemain asing, sebenarnya telah meningkatkan level pemain dalam negeri.

Ezzeddin menilai manfaat belanja besar Liga Saudi mungkin belum sepenuhnya terasa di tahun-tahun mendatang karena dalam jangka pendek, pemain asing akan mengurangi peluang bermain pemain lokal.

Namun dalam jangka panjang, para pemain pribumi akan menghadapi pemain sekaliber Ronaldo dan ini akan membentuk teknik, komitmen, dan disiplin mereka secara positif, kata Al-Din.

Absennya Neymar di Copa America 2024 terkonfirmasi

Namun, tidak semua orang percaya pemborosan itu akan menguntungkan timnas Saudi yang sudah tiga kali menjuarai Piala Asia, namun terakhir kali mencapai final pada 2007 dan terakhir mencapai final pada 1996.

Beberapa pemain yang tampil dalam kemenangan bersejarah 2-1 atas Argentina di Piala Dunia setahun lalu kehilangan tempat di klubnya karena kedatangan talenta luar negeri.

Dampaknya sangat terasa pada Al Hilal, yang mengontrak Neymar di musim panas, serta pasangan Serbia Sergej Milinkovic-Savic dan Aleksandar Mitrovic, Malcolm asal Brasil, Ruben Nos asal Portugal, dan bek Senegal Kalidou Koulibaly.

Mancini tidak memasukkan lebih dari 12 pemain Piala Dunia dari skuatnya di Piala Asia, meski cedera juga turut berperan.

Nello Vingada, pelatih asal Portugal yang membawa Arab Saudi menjuarai Piala Kontinental 1996, melihat tidak ada keterkaitan antara pemain kunci yang datang dengan timnas.

“Kualitas Liga Saudi sudah membaik sekarang, tapi saya rasa itu tidak akan menguntungkan timnas Saudi,” kata Wingada.

Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Asia berikutnya pada tahun 2027.

Real Madrid Kalahkan Barcelona 4-1 di Piala Super Spanyol

Koresponden: Agatha Olivia Victoria
Redaksi: Aditya Eko Sigit Vikasono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024