jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Makassar (JurnalPagi) – Badan SAR Nasional (Basarnas) Sulawesi Selatan memberangkatkan kapal motor untuk mencari enam korban KM Kasman Indah 06 yang hilang setelah tenggelam di Perairan Selyar, Sulawesi Selatan.

“Kapal tiup kaku Basarnas kami kerahkan dengan bantuan perahu nelayan untuk mencari korban,” kata Kepala Operasional Basarnas Sulsel, Mohammad Rizal, Selasa.

Tim Besarnes sejauh ini terus melakukan pencarian korban, namun terhambat oleh cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan setempat.

Rizal menambahkan: “Sementara kami masih mencari, belum ada hasil.”

Kapal dengan tujuh penumpang tenggelam di perairan Pulau Hajar

Thailand bergegas mencari marinir yang selamat tenggelam

Sebelumnya diberitakan, KM Kasman Indah 06 tenggelam pada Sabtu dini hari (24/12) dalam pelayaran dari Port Reuk, Nusa Tenggara Timur, menuju Pelabuhan Bungeng di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Kapal yang membawa 11 penumpang dan ratusan ternak itu rupanya dihantam gelombang tinggi di perairan Selyar saat arus deras hingga menyebabkan lambung kapal pecah dan kemudian tenggelam.

Informasi yang diterima dari kepolisian setempat menyebutkan, pada Minggu (25/12) sekitar pukul 09.35 WITA ditemukan lima orang di Perairan Jampea dekat Pulau Bembe Selayar.

Saksi Deng Kule (44) sedang menjaring ikan di dekat lokasi melihat ada yang melambai-lambaikan pakaiannya sebagai tanda minta tolong, kemudian melabuhkan perahu dan mengevakuasi mereka. Lima korban berhasil diselamatkan dan kemudian diangkut ke daratan untuk selanjutnya diserahkan ke Polsek Pasimarano, Selyar.

Korban teridentifikasi awak dan penumpang KM Kasman Indah 06 berjumlah 11 orang, tujuh awak dan empat penumpang, semuanya warga Kabupaten Jeneponto.

Mereka selamat di laut setelah kapalnya yang menggunakan kelapa sebagai pelampung diterjang ombak sekitar pukul 04.00 WITA pada Sabtu pagi. Namun, hanya lima yang selamat, enam sisanya masih dicari.*

Kapal Perang Thailand Tenggelam dan 31 ABK Hilang

Tiga nelayan Anambas korban karam kapal berhasil dievakuasi dengan selamat

Koresponden: M Darvin Fater
Editor: Arafozon Saptiolda A