jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Realitasonline.id | Jerawat adalah kondisi kulit umum yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Hal ini dapat menyebabkan benjolan, komedo, dan jerawat di wajah, punggung, dada, dan bahu.

Jerawat paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda, namun dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia. Berbagai faktor dapat menyebabkan timbulnya jerawat, antara lain:

Rangkaian Perawatan Kulit Malam Hari Retinol untuk Kulit Bercahaya

  • Perubahan hormonal: Jerawat biasanya muncul pada masa pubertas, saat kadar hormon androgen meningkat. Ketidakseimbangan hormonal lainnya, seperti yang terjadi pada sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan kehamilan, juga dapat menyebabkan jerawat.
  • Genetika: Jika orang tua Anda menderita jerawat, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.
  • Produksi minyak berlebih: Kulit Anda memiliki kelenjar minyak kecil yang menghasilkan sebum, minyak yang membantu menjaga kelembapan kulit. Namun, terlalu banyak sebum dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.
  • Akumulasi sel kulit mati: Sel kulit mati biasanya terkelupas secara alami. Namun, jika sel-sel tersebut tidak terkelupas, sel-sel tersebut dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat.
  • bakteri: Jenis bakteri tertentu, Propionibacterium acnes (P. acnes), dapat tumbuh di dalam pori-pori dan berkontribusi terhadap peradangan yang menyebabkan jerawat.

Sangat Jarang!! Simak manfaat tanaman sirih cina yang biasa ditemukan di pinggir parit ini

Berikut beberapa bahan perawatan kulit yang bermanfaat mengatasi masalah jerawat:

1. Asam salisilat:

Asam salisilat adalah salah satu bahan perawatan kulit pelawan jerawat yang paling efektif.

Asam salisilat bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga dapat membantu mencegah dan mengobati jerawat.

2. Benzoil peroksida:

Benzoil peroksida merupakan bahan perawatan kulit yang efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Benzoil peroksida tersedia dalam berbagai bentuk seperti gel, krim dan lotion.

3. Minyak pohon teh:

Minyak pohon teh merupakan bahan alami yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Minyak pohon teh dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan.

4. Niacinamide:

Niacinamide merupakan vitamin B3 yang dapat membantu mengurangi produksi sebum yang merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Niacinamide juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Editor: Alia Rohali

Label