Berapa banyak kalori yang ditambahkan pada wanita hamil?

Jakarta (JurnalPagi) – Ahli gizi klinis dr Raissa Edwina Djuanda, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, tambahan kalori ibu hamil pada trimester pertama sekitar 180 kalori atau setara dengan segelas susu dan biskuit.

Kontrol kalori dan nutrisi penting mencegah tekanan darah tinggi pada ibu hamil

“Entah segelas susu plus apel atau protein hewani dan biskuit,” ujar pria yang berpraktek di Rumah Sakit Pondok Indah – Puri Indah Jakarta ini.

Kemudian pada trimester kedua dan ketiga yaitu sekitar 300 kalori atau setara dengan dua gelas susu atau satu gelas susu ditambah protein hewani atau satu gelas susu ditambah biskuit dan apel.

Menurut Johns Hopkins Medicine, kalori ekstra dibutuhkan untuk mempertahankan kehamilan yang sehat, dan kalori ini harus berasal dari diet seimbang yang mencakup protein, buah, sayuran, dan biji-bijian.

Anjuran Asupan Kalori Ibu Hamil Saat Puasa

Meski begitu, konsultasi lebih lanjut dengan dokter dianjurkan mengenai tambahan kalori untuk membantu ibu hamil mencapai berat badan normal, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti berat badan pra-kehamilan, usia, dan tingkat kenaikan berat badan.

Selain itu, Raisa mengingatkan ibu hamil untuk selalu memasukkan protein dalam setiap menu makannya agar tidak mengandung protein hewani. Selain protein, Anda juga membutuhkan zat besi, folat, vitamin B12, kalsium, seng, dan garam beryodium.

Mereka juga membutuhkan suplemen darah, mengingat satu dari dua orang berisiko mengalami anemia. Setidaknya 90 tablet darah telah ditambahkan selama kehamilan.

Beliau mengatakan : Banyak ibu yang tidak mau meminumnya karena mual, sedang sakit, cara meminumnya tidak boleh digabung dengan teh, kopi, susu, tablet kalsium, obat sakit maag, karena dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. tubuh. Raisa

Selain itu, untuk meningkatkan penyerapan tablet zat besi sebaiknya dikonsumsi bersama makanan atau minuman yang mengandung vitamin C, seperti jeruk dan kiwi.

“Ini sebenarnya bisa menimbulkan efek samping seperti sakit maag, mulas. Jadi bisa diminum setelah makan, dan umumnya efek sampingnya tidak menyerang semua orang,” saran Raisa.

Trik! Air kelapa menyebabkan kelainan pada bayi

Target Kementerian Kesehatan Turunkan Jumlah Ibu Hamil yang Meninggal di Tahun 2024.

Dokter: Obesitas Bisa Tingkatkan Risiko Kecacatan Pada Janin

Koresponden: Lia Vanadriani Santosa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *