jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024
Jakarta

Creatine adalah senyawa yang ditemukan secara alami di otot-otot tubuh. Anda dapat meningkatkan produksi kreatin dengan mengonsumsi makanan atau suplemen.

Manfaat creatine yang utama adalah meningkatkan massa otot. Zat ini biasanya dikonsumsi oleh binaragawan dan atlet pada umumnya.

Bagi wanita, keratin juga bermanfaat untuk kecantikan karena berpengaruh pada peremajaan kulit dan juga membantu membentuk tubuh ideal.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Apa itu kreatin?

Menurut WebMD, creatine berperan dalam produksi energi untuk otot. 95% kreatin ditemukan di otot rangka.

Zat ini bisa didapat dari daging merah dan makanan laut. Misalnya daging sapi, kerang, susu sapi atau kambing.

Namun untuk meningkatkan performa atlet dan massa otot diperlukan kandungan kreatin yang lebih tinggi yang bisa diperoleh dari suplemen. Suplemen kreatin bisa berbentuk bubuk, pil, kapsul, minuman, atau batangan energi.

Manfaat kreatin untuk wanita

Creatine dapat dikonsumsi oleh pria maupun wanita, baik atlet maupun non-atlet. Manfaatnya sama. Namun wanita mungkin menyukai manfaat creatine berikut ini:

1. Membangun tubuh yang atletis

Latihan fisik atau pergi ke gym kini sudah menjadi gaya hidup banyak wanita. Salah satu hal yang diharapkan adalah kondisi fisik yang prima.

Menurut situs Mayo Clinic, creatine membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh saat berolahraga. Kekuatan dan massa otot meningkat seiring dengan jumlah kalori yang dibakar melalui olahraga.

2. Mencegah penuaan kulit

Keratin juga dapat mencegah penuaan kulit melalui krim yang mengandung keratin dan kombinasi bahan lainnya. Pada penelitian awal, manfaat dicapai dengan penggunaan krim pada wajah setiap hari selama enam minggu.

Menurut nadnutrition.com, creatine mencegah penuaan dengan membantu memperbaiki sel kulit tua akibat paparan sinar UV, agen penuaan, dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.

3. Mencegah kelemahan otot akibat penuaan

Seperti yang dijelaskan di situs PharmEasy, kadar estrogen menurun saat wanita memasuki masa menopause. Hal ini dapat melemahkan fungsi otot dan tulang. Suplemen kreatin dan olahraga teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Mencegah penyakit otot dan tulang

Suplemen kreatin bersamaan dengan olahraga dapat mencegah kerusakan otot, tulang, ligamen, tendon, dan saraf. Selain itu, dapat mencegah sarkopenia, yaitu kelainan otot yang ditandai dengan penurunan kekuatan dan massa otot, serta penurunan performa fisik.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Tak hanya otot, suplemen kreatin juga meningkatkan fungsi kognitif otak. Hal ini juga dapat menjaga kesehatan otak di hari tua.

Efek samping kreatin

Mengonsumsi suplemen creatine relatif aman. Namun, ada kemungkinan efek samping bagi sebagian orang. Menurut situs Cleveland Clinic, berikut beberapa kemungkinan efek samping creatine:

  • Pertambahan berat badan karena retensi air (bukan lemak)
  • pusing
  • mual dan muntah
  • diare
  • produksi keringat berlebihan (hiperhidrosis)

Anda bisa mencoba mengatasi masalah ini dengan tidak mengonsumsi creatine dalam dosis besar sekaligus. Anda bisa membagi dosisnya beberapa kali sehari untuk mengurangi efek samping. Namun jika gejalanya terus berlanjut, Anda bisa berkonsultasi ke dokter.

Nah itulah manfaat creatine untuk wanita dan manfaatnya secara umum.

Menonton video”Dian Sastro yang dikenal sebagai duta kecantikan Indonesia: Malu banget
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)