jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Olympique de Marseille belum resmi memecat Gennaro Gattuso pada Senin, genap setahun setelah menjadi pelatih kepala klub Prancis tersebut.

Mantan gelandang AC Milan itu dikeluarkan dari lapangan sehari setelah Olympique Marseille kalah 1-0 dari Brest di Liga Prancis, Minggu (18/2).

Pakar sepak bola Italia Fabrizio Romano menulis di akun resmi X-nya: “Genaro Gattuso telah dipecat. Gattuso dan stafnya baru saja diberitahu tentang keputusan mereka oleh Dewan Olimpiade Marseille.”

Kekalahan melawan Brest membuat Marseille turun ke peringkat kesembilan klasemen Ligue 1 dengan 7 kemenangan dari 22 pertandingan.

Komentar Gattuso usai laga melawan Brest juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan petinggi Marseille memecatnya.

“Kami telah mencapai titik terendah. Ketika Anda mencapai titik terendah, Anda harus mengambil tanggung jawab. Tidak ada lagi yang perlu dikatakan,” kata Gattuso.

Ia pun mengakui timnya sudah tidak berpeluang lolos ke Liga Europa musim depan dan kini hanya fokus meraih poin maksimal.

Mantan manajer Napoli dan AC Milan itu menambahkan: “Peringkatnya? Kenyataannya kami harus melihat ke belakang. Kami tidak bisa lagi membicarakan peluang Liga Europa. Kami hanya harus mendapatkan poin untuk tetap di klasemen.” .

Gattuso baru ditunjuk sebagai pelatih Marseille pada September 2023. Semula ia diharapkan bisa memperbaiki performa Marseille yang stagnan. Namun, Gattuso seharusnya dipecat karena tidak melakukan hal tersebut.

Menurut Romano, Marseille kini mengincar mantan pelatih Pantai Gading Jean-Louis Gast untuk menggantikan Gattuso.

Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024