Belanja COD, apakah masih relevan?

JAKARTA (JurnalPagi) – Di antara berbagai pilihan pembayaran untuk transaksi belanja on lineplatform e-commerce masih menawarkan metode pembayaran tunai fisik Pembayaran tunai pada saat pengiriman (IKAN KOD).

Dalam metode COD, konsumen langsung membayar kurir pada saat barang diantar. Saat membeli metode pembayaran on line Dengan semakin beragamnya komunikasi COD dipertanyakan apakah cara ini masih diperlukan jika ada opsi pembayaran melalui dompet digital atau minimarket.

Saat ditemui wartawan di Jakarta, Jumat, Chief Executive Lazada Indonesia Frey Kusenwo mengatakan metode COD masih diperlukan karena masih ada masyarakat yang belum memiliki rekening bank dan harus diberi kesempatan berbelanja online. on line.

“Mereka bisa berbelanja on line Tidak perlu memiliki kartu kredit,” kata Frey.

Bagi mereka, jika penggunaan metode COD bisa dikurangi akan berdampak baik, tentunya jika tidak, tidak menjadi masalah. Metode COD ditetapkan pada awal pembelian on line Diperkenalkan kepada masyarakat.

Saat itu, masyarakat belum percaya dengan belanja online on line, apakah barang benar-benar dikirim atau tidak. Untuk amannya, platform menawarkan metode COD sehingga masyarakat bisa membayar saat barang diantar ke rumah.

Dalam perkembangannya, metode COD memiliki satu kelemahan yaitu jika konsumen tidak ada di rumah, transaksi gagal dan kurir harus mengembalikan keesokan harinya.

Namun, metode COD juga bisa menjadi cara untuk mengedukasi masyarakat tentang belanja on line. Dalam hal ini, platform harus membekali kurir dengan pengetahuan dasar COD untuk dapat mentransfernya ke pembeli.

Salah satu informasi dasar tentang COD, misalnya, konsumen harus membayar makanannya, kemudian membuka kemasannya dan bukan sebaliknya. Jika produk tidak sesuai, seharusnya konsumen komplain ke penjual, bukan ke kurir.

Lazada memiliki sistem untuk mengevaluasi kebiasaan COD pengguna. Jika akun pengguna tidak sering mengalami COD, misalnya jarang di rumah, platform dapat menghapus opsi COD untuk pengguna tersebut dan menyarankan untuk menggunakan metode pembayaran lain.

Shopee ajak pengguna belanja langsung dari 2.2 COD Sale

Komunitas Konsumen Indonesia Beri Tahu Cara Kurangi Masalah Sistem COD

Apakah Mekanisme COD Untung atau Rugi di Pasaran?

Diedit oleh: Aida Nurjahani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *