Bekerja di masa senja dengan pujian dari Briguna Purna

Jakarta (JurnalPagi) – Pensiun bukan berarti berhenti bekerja, namun bisa menjadi babak baru dalam memulai usaha yang sudah dinanti-nantikan.

Masa pensiun merupakan saat yang tepat untuk menekuni dunia wirausaha dan mengejar cita-cita yang mungkin tertunda karena pekerjaan sering kali membuat orang sibuk sehingga ide-ide cemerlang untuk berwirausaha seringkali terhambat dan akhirnya terbengkalai.

Biasanya sebuah bisnis bisa dimulai dari sebuah ide atau hobi. Tentu saja, di zaman yang semakin berkembang ini, kita tidak boleh menganggap hiburan hanya sekedar hiburan belaka. Pasalnya, hobi yang Anda miliki seringkali bisa menjadi potensi keuntungan, terutama di masa pensiun ini.

Selain itu, memulai bisnis di masa pensiun bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun warisan keluarga. Bisnis yang sukses dapat menjadi aset berharga, berkontribusi terhadap stabilitas keuangan keluarga dan menginspirasi generasi mendatang.

Survei Aktivitas Bisnis dan Sentimen Bisnis UMKM BRI: Prospek 2024 Masih Bagus, UMKM Berkembang

Meski tampilannya baru, transaksi pakai BRImo makin seru

Namun, sebelum terjun ke dunia wirausaha di masa pensiun, ada beberapa aspek finansial yang harus diperhatikan agar bisnis pensiun lancar dan stabil.

Langkah pertama sebelum memulai bisnis pensiun adalah mengevaluasi perencanaan keuangan pensiun Anda.

Pastikan dana pensiun dan investasi Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mendapat dukungan finansial yang cukup selama beberapa tahun pertama agar tekanan finansial tidak terlalu besar di tahap awal bisnis.

Jangan lupa bahwa merancang rencana bisnis yang nyata sangatlah penting. Menentukan tujuan keuangan yang masuk akal dan termasuk memperkirakan biaya awal, pendapatan yang diharapkan, dan perkiraan keuangan jangka panjang. Dengan cara ini, Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang proses bisnis dalam beberapa tahun ke depan.

Selanjutnya, pertimbangkan dengan cermat pilihan pembiayaan bisnis Anda.

Mengetahui sumber pendanaan yang tepat akan membantu Anda mengelola risiko keuangan dan memastikan stabilitas modal. Jika Anda memutuskan untuk membiayai bisnis Anda melalui pinjaman, kelola utang Anda dengan bijak. Memahami syarat pembayaran, suku bunga, dan dampak utang terhadap arus kas bisnis.

Kali ini Anda harus mengetahui tentang Kredit Briguna Purna yang merupakan fasilitas kredit/pinjaman yang dapat menjadi solusi permodalan bisnis Anda. BRI ditawarkan dengan kredit BRIguna Purna yang khusus diperuntukkan bagi pensiunan Taspen, Asabri dan BUMN yang mempunyai sumber pembayaran dari sumber pendapatan tetap atau anuitas pendapatan tetap di BRI.

Program ini menawarkan pinjaman dengan proses yang mudah dan cepat serta dukungan finansial bagi para pensiunan yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya.

Pengajuan kredit BRIguna Purna dapat dilakukan langsung melalui kantor cabang BRI terdekat. Anda hanya perlu membawa beberapa dokumen persyaratan dan selanjutnya Relationship Manager BRI akan membantu Anda mengajukan kredit BRIguna melalui aplikasi BRISPOT.

Batasan kredit disesuaikan dengan kemampuan debitur. Jangka waktu kreditnya juga sangat panjang, yakni sampai dengan 15 tahun atau tergantung umur debitur pada saat jatuh tempo kredit sampai dengan 75 tahun.

Dengan likuiditas dan permodalan yang memadai, BRI optimistis pertumbuhan lebih baik di tahun 2024.

BRI Danareksa Sekuritas bidik dana kelolaan Rp 300 miliar di 2024.

Kabar baiknya, BRI menawarkan berbagai suku bunga khusus yang bisa Anda manfaatkan hingga 31 Maret 2024, mulai dari suku bunga 11,5% hingga 5 tahun. Suku bunganya 12% dengan jangka waktu maksimal 10 tahun. Hingga 12,5% dengan jangka waktu maksimal 15 tahun.

Secara keseluruhan, memulai bisnis di masa pensiun adalah sebuah peluang untuk menjalani petualangan baru, berkontribusi kepada masyarakat, dan menjadikan masa pensiun sebagai musim yang produktif dan bermakna dalam hidup.

Bagi Anda yang ingin menikmati masa pensiun dengan memulai usaha, tidak perlu lagi mengajukan kredit BRIguna Purna sebagai solusi permodalan. Untuk modal memulai bisnismu #cepat!

Koresponden: Maria Rosari dei Putri
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *