Bawaslu Bandung merekomendasikan lokasi relokasi TPS yang rentan

TPS rawan bencana terletak di Kecamatan Somur Bandung dan Rankasari

Bandung (JurnalPagi) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung merekomendasikan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tergolong rawan pada pemilu 2024.

Koordinator Pencegahan, Kemasyarakatan dan Humas Kota Bandung, Bawaslu Bayo Mohamed, Minggu, mengatakan TPS yang tergolong rentan meliputi kerentanan terhadap bencana, kerentanan terhadap listrik dan penerangan, serta kerentanan terhadap intimidasi. .

Oleh karena itu, kami merekomendasikan KPU untuk menetapkan titik-titik TPS tersebut sesuai dengan undang-undang dan merelokasi TPS yang tergolong rawan, kata Bayu.

Untuk TPS yang rawan bencana, Baio mengatakan sejauh ini pihaknya terus melakukan pemetaan dan hasilnya beberapa TPS dinilai rawan bencana.

Untuk TPS rawan bencana berada di wilayah Kecamatan Somur Bandung dan Rankasari, kata Bayo.

KPU Kota Bandung Petakan TPS Rawan Banjir pada Pilkada 2024.
Ratusan TPS di Karawang berlokasi di kawasan rawan banjir

Bayo mengatakan, rekomendasi relokasi TPS yang rawan karena kendala listrik dan penerangan merupakan kejelian Bavaslo agar pemilu 14 Februari 2024 bisa terselenggara tanpa kendala.

“Nah, itu memang perlu dibenahi, misalnya kalau tiba-tiba tidak ada akses listrik saat pemungutan dan penghitungan suara, maka tidak bisa dipindahkan,” ujarnya.

Lanjutnya, selain dua alasan tersebut, disarankan juga untuk merelokasi TPS yang dekat dengan pos pemenang atau calon presiden atau calon legislatif.

Ia menambahkan, hal ini merupakan salah satu upaya menciptakan situasi netral khususnya bagi masyarakat pada saat pemilu.

“TPS yang cenderung dekat sekali dengan posko kemenangan atau relawan, ini juga akan kita pindahkan ke daerah yang memang Terang dan bersikap netral agar tidak terjadi intimidasi saat berangkat ke TPS.”

Pemkot Semarang Koordinasi dengan KPU Prediksi TPS di Daerah Rawan Bencana
BPBD Belitung meminta KPU tidak mendirikan TPS di kawasan rawan banjir.
Polres Teluk Wondama-Papua: 142 TPS di Kawasan Tidak Aman

Koresponden: Ricky Prayuga
Redaktur: Budi Santoso
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *