Bavaslu Jember menerima laporan penggelembungan suara di enam desa

Jember, Jawa Timur (JurnalPagi) – Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin, melaporkan salah satu tim pemenangan calon legislatif Republik Rakyat Demokratik RI terkait dugaan penambahan suara di enam desa yang di satu desa Sub disiarkan, diterima. Daerah

“Kami telah menerima laporan dugaan kecurangan pemilu di enam desa di Kecamatan Sambarbaru dan akan kami selidiki laporan tersebut,” kata Devi Auliya Rahim, anggota Badan Pengawas Pemilu Jamber (Bavaslu).

Devi menegaskan, Bawaslu segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan pemeriksaan silang terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sambarbaru.

“Laporan dugaan kecurangan pemilu akan kami serahkan ke Panvaslu Kabupaten Sambarbaro dengan dibantu pihak Bavaslu Jember agar bisa diselesaikan lebih cepat,” kata Devi yang juga bertugas di Bagian Malpraktek, Data dan Informasi Bavaslu Jember. .

KPU Jember Temukan Dugaan Manipulasi Suara di TPS

Pelapor melampirkan delapan kategori bukti terkait dugaan peningkatan suara salah satu calon legislatif Republik Islam Iran dari Partai Golkar.

Devi mengatakan semua bukti akan diperiksa, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan penghitungan ulang suara dari desa hingga kelurahan.

Lanjutnya, dalam penghitungan suara kami mendapat tujuh laporan pelanggaran pemilu, rinciannya dua di antaranya sudah dikirim ke subbagian dan dilengkapi, kemudian satu laporan ditarik oleh pelapor, satu laporan pelanggaran pemilu, dan tiga laporan dilaporkan hari ini.”

15 Subbagian di Jambar Selesai Penghitungan Suara

Sementara Ali Murtado selaku wartawan mengatakan, pembengkakan suara di Kecamatan Sambarbaru terjadi di Desa Jaminturu, Rutengah, Sambragong, Golang, Jathirutu, dan Kaligalagah.

“Misalnya di TPS 1 Desa Jamintoro, calon A tidak mendapat suara apa pun, namun setelah dilakukan penghitungan di kecamatan, jumlah suaranya berubah menjadi puluhan suara,” ujarnya.

Ia melaporkan Panitia Pemungutan Suara Daerah (PPS), PPK, dan Panvaslu Sambarbaru yang hadir saat penghitungan suara di tingkat kecamatan kepada Bavaslu karena diduga jumlah suara bertambah hampir 10.000.

Bavaslu Jamber Selidiki Dugaan Pelanggaran Kegiatan Salat LSN
Bavaslu Jember Tindaklanjuti Laporan JEPR Terkait Pelanggaran ASN

Koresponden: Zamardon Seliche
Redaksi : Didik Kusbiantoro
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *